Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:00 WIB | Senin, 23 Agustus 2021

Satgas: Pandemi COVID-19 Melandai Tahun Depan

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Reisa Broto Asmoro. (Foto: dok. Satgas)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Reisa Broto Asmoro, memprediksi pandemi COVID-19 akan mulai melandai di seluruh dunia pada tahun depan.

Menurut dia, penurunan kasus ini seiring dengan gencarnya vaksinasi, testing, dan pelacakan. Selain itu, perawatan pasien semakin baik, serta disiplin protokol kesehatan yang tetap ketat turut mempengaruhinya.

“Dengan vaksin yang cukup, tes dan lacak yang makin tinggi, perawatan yang makin baik, serta disiplin prokes kita yang tidak kendur, pandemi akan melandai tahun depan di seluruh dunia akan tercapai,” katanya.

Kedatangan berbagai jenis vaksin akan membantu Kementerian Kesehatan untuk mencapai target 100 juta suntikan pada bulan ini. Bahkan pemerintah juga menargetkan pelaksanaan dua juta suntikan vaksin per harinya, meskipun berdasarkan catatan satuharapan.com target tersebut banyak yang tidak tercapai. Demikian juga target bulan Juli sebanyak sejuta dosis sehari, sering tidak tercapai.

Selain vaksin, pemerintah juga menerima bantuan alat kesehatan dan alat tes untuk diagnostik COVID-19 dari sejumlah negara sahabat seperti Amerika Serikat dan Australia.

“Jadi selain stok vaksin aman, stok alat kesehatan, dan dukungan tracing dan testing juga semakin meningkat,” tukasnya.

Indonesia sendiri, telah menerima kedatangan beberapa jenis vaksin COVID-19. Terakhir, Indonesia menerima kedatangan vaksin Sinovac dan AstraZeneca yang dibeli langsung oleh pemerintah. Selain itu, juga ada vaksin yang diterima melalui skema hibah.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home