Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 11:49 WIB | Jumat, 09 Juli 2021

Saudi Selesai Seleksi Calon Haji dari 558 Ribu Pendaftar

Umat Muslim berdoa di Masjidil Haram selama ziarah haji tahunan, di kota suci mereka Mekkah, Arab Saudi pada 8 Agustus 2019. (Foto: dok. Reuters)

MEKAH, SATUHARAPAN.COM-Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengumumkan seleksi 60.000 kandidat yang memenuhi syarat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini, kata laporan kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA) hari Kamis (8/7).

Kementerian itu mengatakan calon jemaah haji dari berbagai negara yang masuk seleksi termasuk dari  150 negara, nserta warga Arab Saudi sendiri, ketika kementerian itu menyampaikan pengumuman akhir periode pendaftaran melalui portal online.

Disebutkan pendaftar haji secara online tahun ini mencapai sebanyak 558.270 orang.

Kementerian itu, menurut SPA, menyebutkan bahwa mereka yang dipilih sebagai calon jemaah haji adalah yang memenuhi syarat sesuai dengan beberapa ketentuan, termasuk usia dan mereka itu untuk pertama kali menunaikan ibadah haji, selain mematuhi tindakan pencegahan dan pencegahan penyebaran COVID-19.

Dari 558.270 yang mendaftar haji tahun ini, 59 persen adalah pelamar laki-laki, sementara 41 persen adalah perempuan.

Pada bulan Juni, Arab Saudi mengumumkan akan membatasi haji tahun ini untuk 60.000 penduduk dan warga negara yang tinggal di Kerajaan karena pandemi virus corona yang sedang berlangsung.

Kementerian juga telah meminta semua peziarah yang telah diberikan izin haji tahun ini untuk mendapatkan vaksinasi dosis kedua.

Kementerian Haji dan Umrah menjelaskan bahwa jemaah akan diterima pada tanggal 7 dan 8 Dzulhijjah (atau 17 dan 18 Juli 2021) di empat pusat penerimaan, setelah itu mereka akan diangkut dengan bus ke Masjidil Haram di Mekkah untuk melakukan Tawaf Kedatangan sebelum menuju ke Situs Suci.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home