Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 22:09 WIB | Senin, 30 September 2013

SBY: Kami Tulus dan Serius Tingkatkan Kesejahteraan di Papua

Perdana Menteri Australia, Tony Abbott (kiri) didampingi Presiden SBY saat melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, pada Senin (30/9). (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima kunjungan Perdana Menteri Australia Tony Abbott di Istana Merdeka Jakarta, Senin (30/9) sore. Dalam kunjungan itu Preiden SBY dan PM Tony Abbott melakukan pembicaraan bidang ekonomi, politik, hukum dan keamanan, juga kesejahteraan rakyat.

Pada kesempatan itu, Presiden SBY juga menjelaskan penanganan pemerintah pusat terhadap masalah Papua. SBY menjelaskan bahwa biaya pembangunan per kapita yang paling tinggi saat ini adalah untuk Papua. Menurut SBY, kebijakan Indonesia dalam mengelola Papua mengutamakan pendekatan kesejahteraan, pendekatan keadilan, dan pendekatan demokrasi.

"Kami sangat tulus dan kami sangat serius untuk memajukan kesejahteraan saudara-saudara kami di Papua," kata Presiden SBY.

Presiden SBY menegaskan, Papua merupakan bagian integral dari Indonesia. Kedaulatan Indonesia mencakup Papua sebagai keutuhan teritorial. "Saya berterima kasih dan saya senang Australia menghormati kedaulatan kami dan ikut berkontribusi untuk mengatasi masalah-masalah ini secara baik," kata Presiden SBY.

Kunjungan PM Abbott ini  merupakan kunjungan luar negeri pertama sejak dia dilantik pada 18 September 2013 yang lalu. PM Abbot pernah berkunjung ke Indonesia pada Oktober 2012 dalam kapasitasnya sebagai ketua oposisi di Parlemen Australia. Menurut Presiden SBY, kunjungan PM Abbot ini sebagai sebuah semangat untuk melanjutkan dan bahkan memperkuat kerja sama di antara kedua negara. (setkab.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home