Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 04:58 WIB | Sabtu, 08 Januari 2022

Seekor Buaya Muara Dievakuasi dari Drainase Jalan di Kalimantan Selatan

Proses evakuasi buaya yang masuk drainase jalan. (Foto: KSDA Kalimantan Selatan)

TANAH BUMBU, SATUHARAPAN.COM-Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan mengevakuasi sekor buaya yang ditemuka memasuki drainase njalan.

SKW III mendapat laporan terkait kemunculan buaya muara (Crocodylus porosus) dari  Assarudin anggota Polres Tanah Bumbu yang menyampaikan bahwa ada Buaya di halaman Hotel Surya, Kecamatan Simpang Empat. Satu jam kemudian buaya menyebrang dan masuk ke drainase jalan.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III, Nikmat Hakim Pasaribu, menugaskan Kepala Resort Taman Wisata Alam Pulau Burung Pulau Suwangi, M Tejar untuk mengevakuasi buaya tersebut. Proses evakuasi dibantu oleh anggota Polres Tanbu, Damkar dan Masyarakat sekitar.

Buaya yang dievakuasi memiliki panjang kurang lebih dua meter. Buaya tersebut terlihat sehat dan tidak ditemukan kejanggalan maka selanjutnya dititip rawatkan ke Lembaga Konservasi Fauna Jhonlin Lestari yang di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan, Mahrus Aryadi evakuasi satwa liar seperti buaya untuk menghindari potensi konflik satwa menyerang warga sekitar. “Kami mengapresiasi laporan warga secara langsung ke seksi dan atau resort terdekat atau melalui Call Center 0812 4849 4950 untuk mencegah konflik satwa liar dan manusia” kata Mahrus.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home