Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 13:41 WIB | Sabtu, 27 November 2021

Seekor Gajah Sumatera Lahir di PLSK TN Gunung Leuser

Bayi gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) dan Induknya. (Foto: Humas Kemen LHK)

LANGKAT, SATUHARAPAN.COM-Seekor Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) telah lahir di Pusat Latihan Satwa Khusus (PLSK) Tangkahan, Taman Nasional (TN) Gunung Leuser, di Desa Namo Sialang Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara .

Anak gajah tersebut berjenis kelamin jantan yang lahir dari induk Gajah Sumatera yang bernama Olive dan pejantan bernama Theo. Dia lahir pada hari Rabu (17/11).

Bayi Gajah Sumatera yang baru lahir ini memiliki lingkar badan 101 Cm dan tinggi bahu 80 Cm. Tim medis segera melakukan pengecekan kesehatan baik induk maupun bayi gajah tersebut dan memberikan asupan multivitamin serta penguat otot.

Pelaksana tugas Kepala Balai Besar TN Gunung Leuser, Adhi Nurul Hadi, menyampaikan bahwa kelahiran ini merupakan yang kedua bagi gajah Sumatera di PLSK Tangkahan pada tahun 2021 ini. Sebelumnya, pada tanggal 1 Februari 2021, telah lahir seekor anak gajah berjenis kelamin betina bernama Boni dari indukan bernama Sari dengan pejantan yang sama.

“Bayi gajah masih rentan, sangat membutuhkan perawatan yang intensif. Oleh karena itu kesehatannya akan terus dimonitor agar mereka tumbuh dengan baik,” kata Adhi.

Para mahout mengatakan sangat antusias terhadap kelahiran bayi gajah yang telah berada dalam kandungan induknya selama kurang lebih 22 bulan tersebut. Mereka berharap gajah Sumatera dapat bertambah populasinya baik yang berada di PLSK Tangkahan maupun yang ada di alam liar.

PLSK berfungsi mendukung penanganan konflik satwa liar khususnya gajah Sumatera di sekitar kawasan TN Gunung Leuser serta sebagai tempat pendidikan dan penelitian konservasi gajah Sumatera.

Kelahiran individu baru ini menjadi salah satu indikator keberhasilan pengelolaan gajah Sumatera ex-situ di PLSK Tangkahan, serta menjadi bagian dalam upaya pelestarian populasi gajah Sumatera.

Balai Besar TN Gunung Leuser berupaya mengembangkan pengelolaan gajah Sumatera ex-situ dan berharap PLSK Tangkahan dapat menjadi percontohan sebagai wahana pendidikan dan pelatihan pengelolaan gajah Sumatera ex-situ di Indonesia.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home