Loading...
Penulis: Sabar Subekti 10:45 WIB | Selasa, 03 Mei 2022

Sejumlah Orang Dievakuasi dari Kota Mariupol Yang Dikepung Rusia

Sejumlah Orang Dievakuasi dari Kota Mariupol Yang Dikepung Rusia
Orang-orang menunggu untuk diproses setibanya di pusat penerimaan pengungsi di Zaporizhzhia, Ukraina, Senin, 2 Mei 2022. Ribuan warga Ukraina terus meninggalkan wilayah yang diduduki Rusia. (Foto-foto: AP/Francisco Seco)
Sejumlah Orang Dievakuasi dari Kota Mariupol Yang Dikepung Rusia
Seorang anak bermain dengan setir mobil yang kacanya rusak saat keluarganya menunggu untuk diproses setibanya mereka dari Mariupol di pusat penerimaan pengungsi di Zaporizhzhia, Ukraina, Senin, 2 Mei 2022. Ribuan warga Ukraina terus meninggalkan wilayah yang diduduki Rusia.

ZAPORIZHZHIA, SATUHARAPAN.COM-Rusia melanjutkan penghancuran pabrik baja Mariupol yang telah menjadi benteng perlawanan terakhir di kota yang dibom, kata pejuang Ukraina, hari  Senin (2/5), setelah gencatan senjata singkat selama akhir pekan memungkinkan evakuasi pertama warga sipil dari tanaman.

Sementara itu, seorang pejabat senior Amerika Serikat memperingatkan bahwa Rusia berencana untuk mencaplok sebagian besar wilayah timur Ukraina bulan ini dan mengakui kota selatan Kherson sebagai republik merdeka.

Michael Carpenter, duta besar AS untuk Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa, mengatakan bahwa tindakan yang dicurigai itu "langsung di luar buku pedoman Kremlin" dan tidak akan diakui oleh Amerika Serikat atau sekutunya.

Di Mariupol, lebih dari 100 orang, termasuk perempuan tua dan ibu dengan anak kecil, meninggalkan pabrik baja Azovstal yang berserakan pada hari Minggu (1/5) dan berangkat dengan bus dan ambulans ke kota Zaporizhzhia yang dikuasai Ukraina, sekitar 140 mil (230 kilometer) ke barat laut, menurut pihak berwenang dan video yang dirilis oleh kedua belah pihak.

Wakil Walikota Mariupol Sergei Orlov mengatakan kepada BBC bahwa evakuasi para pengungsi bergerak lambat dan mungkin tidak akan tiba di Zaporizhzhia pada hari Senin seperti yang diharapkan. Pihak berwenang tidak memberikan penjelasan atas penundaan tersebut.

Setidaknya beberapa warga sipil tampaknya dibawa ke sebuah desa yang dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia. Militer Rusia mengatakan beberapa memilih untuk tinggal di daerah separatis, sementara puluhan pergi ke wilayah yang dikuasai Ukraina.

Di masa lalu, Ukraina menuduh pasukan Moskow membawa warga sipil di luar kehendak mereka ke Rusia atau wilayah yang dikuasai Rusia. Kremlin membantahnya.

Serangan Rusia Terus Berlanjut

Pemboman Rusia terhadap pabrik yang luas melalui udara, tank, dan kapal kembali terjadi setelah evakuasi parsial, Batalyon Azov Ukraina, yang membantu mempertahankan pabrik, mengatakan di aplikasi pesan Telegram.

Orlov mengatakan negosiasi tingkat tinggi sedang berlangsung antara Ukraina, Rusia dan organisasi internasional untuk mengevakuasi lebih banyak orang.

Evakuasi pabrik baja, jika berhasil, akan mewakili kemajuan langka dalam mengurangi korban manusia dari perang hampir 10 pekan, yang telah menyebabkan penderitaan khusus di Mariupol. Upaya sebelumnya untuk membuka koridor aman dari kota pelabuhan dan tempat-tempat lain telah gagal, dengan pejabat Ukraina menuduh pasukan Rusia menembaki sepanjang rute evakuasi yang disepakati.

Sebelum evakuasi akhir pekan, yang diawasi oleh PBB dan Palang Merah, sekitar 1.000 warga sipil diyakini berada di pabrik itu bersama dengan sekitar 2.000 pembela Ukraina. Rusia telah menuntut agar para pejuang menyerah; mereka telah menolak.

Sebanyak 100.000 orang secara keseluruhan mungkin masih berada di Mariupol, yang memiliki populasi sebelum perang lebih dari 400.000. Pasukan Rusia telah menghancurkan sebagian besar kota menjadi puing-puing, menjebak warga sipil dengan sedikit makanan, air, panas atau obat-obatan. Beberapa warga Mariupol keluar kota sendiri, seringkali dengan mobil pribadi yang rusak.

Saat matahari terbenam, penduduk Mariupol, Yaroslav Dmytryshyn, bergegas ke pusat penerimaan di Zaporizhzhia di dalam mobil dengan kursi belakang penuh anak-anak dan dua tanda ditempel di jendela belakang: "Anak-anak" dan "Anak-anak kecil."

"Saya tidak percaya kami selamat," katanya, tampak lelah tetapi dalam semangat yang baik setelah dua hari di jalan. "Tidak ada Mariupol sama sekali," katanya. “Seseorang perlu membangunnya kembali, dan itu akan membutuhkan jutaan ton emas.” Dia mengatakan mereka tinggal tepat di seberang rel kereta api dari pabrik baja. "Rusak," katanya. "Pabrik itu benar-benar hilang."

Anastasiia Dembytska, yang memanfaatkan gencatan senjata untuk pergi bersama putrinya, keponakan dan anjingnya, mengatakan dia bisa melihat pabrik baja dari jendelanya, ketika dia berani melihat keluar. "Kami bisa melihat roket terbang" dan awan asap di atas pabrik, katanya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan dia berharap lebih banyak orang dapat meninggalkan Mariupol dalam evakuasi terorganisir pada Senin. Dewan kota memberi tahu warga yang ingin pergi untuk berkumpul di pusat perbelanjaan untuk menunggu bus.

Zelenskyy mengatakan kepada televisi pemerintah Yunani bahwa warga sipil yang tersisa di pabrik baja takut naik bus karena mereka takut akan dibawa ke Rusia. Dia mengatakan dia telah diyakinkan oleh PBB bahwa mereka akan diizinkan pergi ke daerah-daerah yang dikontrol pemerintahnya.

Zelenskyy mengatakan bahwa setidaknya 220 anak-anak Ukraina telah dibunuh oleh tentara Rusia sejak perang dimulai, dan 1.570 institusi pendidikan dihancurkan atau dirusak. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home