Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:03 WIB | Rabu, 22 Mei 2019

Sejumlah Pemimpin Dunia Sampaikan Ucapan Selamat kepada Jokowi

Presiden Joko Widodo didampingi KH Ma'ruf Amin dalam pidato pasca dinyatakan menang dalam Pilpres, di Jakarta Selasa (21/5). (Foto: Voaindonesia.com)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Perdana Menteri Australia Scott Morrison, yang juga baru terpilih kembali lewat pemilu akhir pekan lalu, merupakan salah satu pemimpin pertama di dunia yang menyampaikan ucapan selamat kepada Joko Widodo, dan menyebut Indonesia sebagai “salah satu hubungan strategis yang paling penting bagi Australia.” Ditambahkannya, betapa Australia “ingin memperdalam hubungan antara Australia dan Indonesia pada seluruh kepentingan bersama,” seperti dilansir Voaindonesia.com pada Rabu (22/5).

Scott Morrison secara tidak terduga memenangkan masa jabatan kedua dalam pemilu minggu lalu, yang diprediksi banyak jajak pendapat akan dimenangkan oleh tokoh Partai Buruh, Bill Shorten.

PM India dan Malaysia Tegaskan Siap Bekerja Sama

Pemimpin dunia lain yang juga menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi adalah Perdana Menteri India Narenda Modi. “Selamat yang sebesar-besarnya kepada @Jokowi atas terpilihnya Anda kembali! Sebagai dua negara demokrasi besar, kami bangga atas keberhasilan perayaan demokrasi. Kami berharap Anda dan rakyat Indonesia semua sukses di bawah kepemimpinan dinamis Anda.”

Ditambahkannya, “Saat kita menandai tujuh dekade hubungan diplomatik kita, saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk semakin memperdalam Kemitraan Strategis Komprehensif bilateral kita.”

Narenda Modi juga sedang menantikan hasil pemilu minggu lalu, yang akan diumumkan Kamis mendatang (23/5). Sejumlah exit poll menunjukkan Partai Hindu Bharatiya Janata pimpinan Modi akan menang, tetapi belum ada kepastian apakah partai itu dapat menguasai kursi mayoritas.

Perdana Menteri Malaysia Dr Mahathir Mohamad, adalah pemimpin lain yang juga ikut menyampaikan ucapan selamat. “Tahniah kepada Bapak @Jokowi atas kemenangan secara resmi sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya berharap kerja sama antara dua negara akan semakin erat selepas ini,” cuitnya di Twitter.

Pemimpin Singapura Sampaikan Ucapan Selamat Lewat Surat

Ketika pemimpin-pemimpin lain mencuit di Twitter, dua pemimpin Singapura secara khusus menyampaikan ucapan selamat lewat surat. Presiden Singapura Halimah Yacob mengatakan “kemenangan yang meyakinkan adalah bukti kepercayaan dan keyakinan rakyat Indonesia atas kepemimpinan Anda.”

Halimah menggarisbawahi keyakinannya, bahwa landasan kuat yang dibangun Jokowi pada masa jabatan pertama “akan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi semua orang Indonesia.” Secara khusus ia menyoroti hubungan Singapura dan Indonesia yang sangat baik, “yang dibangun atas dasar saling menghormati dan kerja sama.” Ia mengakhiri surat itu dengan mengatakan “saya yakin hubungan kedua negara akan terus menguat di tahun-tahun mendatang.”

Sementara Perdana Menteri Lee Hsien Loong, dalam suratnya, mengatakan ‘’mandat kuat yang Anda terima mencerminkan kepercayaan warga Indonesia atas kepemimpinan dan visi Anda meningkatkan kehidupan seluruh warga Indonesia.’’

Putra Bapak Singapura Lee Kuan Yew itu, merujuk pada pulihnya secara signifikan hubungan kedua negara pada masa jabatan pertama Jokowi. “Kita bekerja sama erat dalam banyak bidang, termasuk perdagangan dan investasi, ekonomi digital, peningkatan keahlian, pariwisata, pertahanan dan keamanan.”

Lee Hsien Loong mengatakan, “hubungan kita kini sangat baik dan saya menantikan bekerja sama erat dengan Anda untuk membangun apa yang sudah kita capai dan menjelajahi kesempatan kerja sama baru demi rakyat kita.”

Hasil rekapitulasi nasional Pemilu Presiden 2019 menunjukkan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul di 21 provinsi terhadap pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home