Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 22:00 WIB | Rabu, 19 Februari 2020

Sejumlah Wabah Mematikan Yang Pernah Melanda Dunia

Kapal pesiar Diamond Princess dikarantina di Yokohama, Jepang, karena hingga Rabu (19/2) diketahui 612 penumpang dan awak kapal terinfeksi virus corona. (Foto: dari Xinhua)

SATUHARAPAN.COM-Sebelum virus corona menjadi abah yang menimbulkan masalah secara internasional, ada banyak penyakit mematikan yang telah membunuh jutaan orang di seluruh dunia. Penyakit-penyakit ini biasanya diklasifikasikan sebagai epidemi atau pandemi.

Secara umum, wabah pandemi disebabkan oleh agen infeksi baru yang baru mampu menyebar dengan cepat. Epidemi terjadi ketika ada peningkatan mendadak jumlah kasus penyakit di atas yang biasanya diprediksi. Epidemi dan pandemi masa lalu terutama muncul dari sumber-sumber penyebaran oleh hewan.

Kebanyakan orang tidak kebal, membiarkan virus menyebar dengan cepat dan berakibat fatal, dengan angka kematian yang diakibatkan sering tinggi. Meningkatnya perjalanan dan mobilitas manusia membuat penyakit ini semakin cepat menyebar.

Wabah virus corona bermula di kota Wuhan, China, pada bulan Desember, saat ini telah diklasifikasikan sebagai epidemi setelah penyakit tersebut menginfeksi lebih dari 70.000 di seluruh dunia, dan menyebabkan kematian lebih dari 2.000 orang hingga saat ini. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, epidemi adalah penyebaran cepat penyakit menular ke sejumlah besar orang.

Berikut ini beberapa pandemi dan epidemi yang terjadi sebelumnya yang dihimpun dari berbagai sumber:

Pandemi Bubonic (Black Death): Dari tahun 1347 - 1353, penyakit ini menyebar ke seluruh Eropa dan Asia Barat, merenggut nyawa hingga 25 juta orang.

Pandemi Kolera: Wabah ini berasal di Asia di Sungai Gangga yang mengalir melalui India dan Bangladesh modern dan menyebar dari 1852 - 1860. Ini menyebar ke seluruh Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika Utara, merenggut nyawa jutaan orang.

Pandemi Influenza Spanyol: Pandemi terburuk hingga saat ini, dan menyebar dengan cepat pada akhir Perang Dunia I, antara Januari 1918 dan Desember 1920. Flu Spanyol menyebar ke seluruh dunia, bahkan mencapai beberapa pulau Pasifik yang terpencil, menewaskan sekitar 50 juta orang dan memusnahkan antara tiga dan lima persen dari populasi global.

Pandemi Virus H2N2: Virus ini pertama kali dilaporkan di Singapura pada Februari 1957 dan kemudian menyebar ke seluruh Asia Timur hingga akhir 1958, mencapai pesisir Amerika Serikat pada musim panas 1957. Diperkirakan jumlah kematian adalah 1,1 juta secara global. H2N2 terdiri dari tiga gen berbeda yang berasal dari virus avian influenza A.

Pandemi AIDS: Pertama kali diidentifikasi di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1976, penyakit ini telah membunuh lebih dari 36 juta orang sejak tahun 1981. Saat ini, diperkirakan ada 31 hingga 35 juta orang yang hidup dengan penyakit ini, yang sebagian besar tinggal di Afrika Sub-Sahara. Seiring perkembangan kedokteran, angka kematian global tahunan antara 2005 dan 2012 turun dari 2,2 juta menjadi 1,6 juta.

Pandemi Influenza A (virus H3N2): Pandemi tahun 1968 ini mengandung salah satu gen yang sama dari virus 1957 dan pertama kali ditemukan di AS. Diperkirakan 1 juta orang meninggal di seluruh dunia, dengan sekitar 100.000 di AS. Sebagian besar kematian adalah di antara mereka yang berusia 65 dan lebih tua. Virus H3N2 terus terjadi secara global sebagai influenza A musiman.

Pandemik Sindrom Pernapasan Akut Berat: Dikenal sebagai SARS (Severe Acute Respirtory Syndrome), virus ini pertama kali terdeteksi di China pada November 2002, tetapi laporan bahasa Inggris penyakit ini tidak dipublikasikan hingga Februari 2003. Selama wabah, total 8.098 orang terinfeksi, dengan 774 meninggal akibat penyakit tersebut.

Epidemi H5N1 (Flu Burung): Kejadian flu burung pertama yang diketahui adalah kasus fatal di China pada November 2003, yang pertama kali dikaitkan dengan SARS. Kasus ini kemudian dikonfirmasi sebagai flu burung, setelah Korea Selatan melaporkan H5N1 ditemukan pada unggas.

Pandemi H1N1 (Flu Babi): Terdeteksi pada awal 2009, flu babi menyebabkan sekitar 500.000 kematian di tahun pertama pandemi, menulari 60,8 juta orang di AS saja. Tidak seperti biasanya, jenis flu babi influenza secara tidak proporsional memengaruhi orang-orang di bawah usia 65 tahun, terhitung sekitar 80 persen dari kasus global.

Epidemi Kolera Haiti: Pada Oktober 2010, sepuluh bulan setelah gempa bumi dahsyat di Haiti menewaskan lebih dari 200.000 orang, dan satu juta orang mengungsi, wabah kolera menginfeksi lebih dari 665.000 orang, dengan jumlah kematian 8.183. Pada Januari 2020, PBB melaporkan bahwa Haiti tidak memiliki kasus kolera baru selama setahun.

Epidemi Sindrom Pernapasan Timur Tengah: Dikenal sebagai MERS (Midle East Resopiratory Syndrome) , penyakit ini pertama kali terdeteksi di Arab Saudi pada September 2012. Virus ini telah menginfeksi 94 orang, menyebabkan 46 kematian. Diperkirakan berasal dari kelelawar, yang menginfeksi hewan lain yang kemudian dapat menginfeksi manusia.

Epidemi H7N9: Penyakit ini, virus flu burung yang baru, pertama kali ditemukan menginfeksi manusia di China pada Maret 2013, di mana 131 kasus yang dikonfirmasi dan 56 kematian dalam dua bulan setelah wabah. WHO mencatat angka kematian 30 persen, dengan 127 kematian tidak resmi hingga April 2014.

Epidemi Ebola: Juga dikenal sebagai EVD (Ebola Virus Disease / penyakit virus Ebola), wabah berasal dari desa-desa terpencil di Afrika Tengah pada Februari 2014. Ebola menyebabkan kematian 11.310, dan 15 lainnya di luar Guinea, Liberia dan Sierra Leone tempat wabah terjadi. Virus ini ditularkan kepada orang dari hewan liar dan kemudian menyebar melalui kontak langsung antara cairan tubuh.

Epidemi Zika: Dimulai di Pulau Paskah di Chili pada Februari 2014, penyakit yang ditularkan nyamuk menyebar ke seluruh Amerika Utara dan Selatan, mencapai pulau-pulau Karibia dan beberapa pulau Pasifik. WHO menyatakan wabah itu darurat kesehatan masyarakat pada Februari 2016 setelah bukti bahwa Zika menyebabkan cacat lahir dan masalah neurologis muncul. Virus itu menyebabkan kematian 24 bayi di Brasil.

Epidemi Demam Kuning: Pada Desember 2015, wabah tersebut berasal dari Luanda, Angola, dengan kasus pertama dikonfirmasi pada Januari 2016. China dan Kenya juga melaporkan kasus yang dikonfirmasi, tetapi tidak ada kematian, sementara Angola dan Republik Demokratik Kongo melaporkan 595 kematian.

Epidemi Kolera Yaman: Setelah wabah awal pada Oktober 2016, ada lonjakan kasus pada April 2017, berjumlah 1,2 juta. Hingga saat ini, virus tersebut telah menewaskan 2.500 orang, 58 persen di antaranya adalah anak-anak. PBB menganggap situasi ini sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Epidemi Wabah Madagaskar: Berpusat di dua kota terbesar, Antananarivo dan Toamasina, wabah menyebar dengan cepat dari Agustus 2017 melalui transmisi orang ke orang. Infeksi wabah sering terjadi setiap tahun antara Desember dan April, namun pada 2017 adalah wabah yang sangat parah, merenggut 156 nyawa.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home