Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:51 WIB | Jumat, 02 September 2022

Sekjen PBB Desak China Lakukan Rekomendasi Laporan HAM PBB

Ini terkait diskriminasi dan pelanggaran HAM terhadap komunitas Uyghur di Provinsi Xinjiang.
Stephane Dujarric, juru bicara Sekjen PBB. (Foto: PBB via Reuters)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Antonio Guterres, mendesak China untuk mengikuti dan melakukan rekomendasi dari laporan PBB yang menemukan tuduhan yang kredibel tentang penyiksaan dan kerja paksa terhadap komunitas Uyghur di Provinsi Xinjiang.

Laporan oleh kepala hak asasi manusia PBB, Michelle Bachelet, “mengkonfirmasi apa yang telah dikatakan sekretaris jenderal PBB di Xinjiang selama beberapa waktu, bahwa hak asasi manusia harus dihormati dan bahwa komunitas Uyghur perlu dihormati,” kata juru bicara Guterres, Stephane Dujarric, kepada wartawan, hari Kamis (1/9).

Dujarric menambahkan bahwa Guterres "prihatin" dengan apa yang dia baca dalam laporan tersebut, yang mengutip kemungkinan kejahatan terhadap kemanusiaan.

“Sekjen sangat berharap pemerintah China akan menerima rekomendasi yang diajukan dalam penilaian HCHR  (Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia},” Dujarric menambahkan.

Laporan yang telah lama ditunggu-tunggu merekomendasikan agar Beijing “mengambil langkah cepat untuk membebaskan semua individu yang secara sewenang-wenang dirampas kebebasannya” di wilayah tersebut.

Ini juga merekomendasikan agar pemerintah China “segera mencabut semua undang-undang, kebijakan, dan praktik diskriminatif” yang mendiskriminasi warga Uyghur. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home