Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:24 WIB | Kamis, 03 Februari 2022

Selandia Baru Akan Hapus Persyaratan Karantina

Selandia Baru Akan Hapus Persyaratan Karantina
Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, melepas topengnya sebelum dia menguraikan rencana Pemerintah, Kamis, 3 Februari 2022, yang akan mengakhiri sistem karantinanya dan membuka kembali perbatasannya dengan dunia. Sejak awal pandemi, Selandia Baru telah memberlakukan beberapa kontrol perbatasan paling ketat di dunia. (Foto: Dean Purcell/New Zealand Herald via AP)
Selandia Baru Akan Hapus Persyaratan Karantina
Foto Charlotte Bellis ini, Bellis berpose selfie dengan pasangannya Jim Huylebroek di Kabul, Afghanistan. Bellis, seorang reporter Selandia Baru yang sedang hamil yang mengharapkan anak pertamanya dengan Huylebroek, telah memilih Afghanistan sebagai basis sementara perjuangannya yang berat untuk kembali ke rumah karena aturan masuk COVID-19 yang ketat di negaranya. Huylebroek, seorang fotografer lepas dan penduduk asli Belgia, telah tinggal di Afghanistan selama dua tahun. (Foto: Charlotte Bellis via AP)

WELLINGTON, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Selandia Baru mengatakan akan mengakhiri persyaratan karantina untuk pelancong yang masuk dan membuka kembali perbatasannya. Keputusan yang diumumkan hari Kamis (3/2) itu sebuah perubahan yang disambut oleh ribuan warga di luar negeri yang telah menunggu lama untuk kembali ke rumah.

Sejak awal pandemi, Selandia Baru telah memberlakukan beberapa kontrol perbatasan paling ketat di dunia. Sebagian besar pelancong yang masuk perlu menghabiskan 10 hari di kamar hotel karantina yang dijalankan oleh militer, persyaratan yang telah menciptakan kemacetan di perbatasan.

Langkah-langkah itu awalnya dianggap menyelamatkan ribuan nyawa dan memungkinkan Selandia Baru untuk menghilangkan atau mengendalikan beberapa wabah virus corona.

Namun, semakin, kontrol perbatasan telah dipandang tidak sesuai dengan dunia di mana virus menjadi endemik, dan di negara di mana varian Omicron sudah menyebar. Itu memaksa banyak warga Selandia Baru di luar negeri untuk memasuki sistem gaya lotere untuk mencoba dan mengamankan tempat di karantina dan perjalanan pulang.

Kekurangan sistem tersebut disorot selama sepekan terakhir oleh jurnalis Selandia Baru yang sedang hamil, Charlotte Bellis, yang terdampar di Afghanistan setelah pejabat Selandia Baru pada awalnya menolak permohonannya untuk kembali ke rumah untuk melahirkan. Setelah publisitas internasional, para pejabat mundur dan menawarinya tempat di karantina, yang dia terima.

Perubahan perbatasan berarti bahwa warga Selandia Baru yang divaksinasi yang kembali dari Australia tidak perlu lagi dikarantina mulai akhir bulan ini, dan warga Selandia Baru yang divaksinasi yang kembali dari seluruh dunia dapat melewati karantina pada pertengahan Maret. Mereka tetap harus mengisolasi diri di rumah.

Namun, sebagian besar turis harus menunggu hingga Oktober sebelum mereka dapat memasuki negara itu tanpa masa karantina. Dan siapa pun yang tidak divaksinasi tetap harus menjalani karantina.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan dia tahu banyak orang mengasosiasikan kontrol perbatasan dengan sakit hati tetapi mereka tidak dapat disangkal itu menyelamatkan nyawa.

“Tidak diragukan lagi bahwa bagi Selandia Baru, itu telah menjadi salah satu bagian tersulit dari pandemi ini,” katanya. “Tetapi alasan mengapa itu ada di sana sebagai salah satu hal terberat yang pernah kami alami, sebagian, karena hilangnya nyawa.”

Dia mengatakan kontrol “berarti tidak semua orang bisa pulang ketika mereka mau. Tetapi itu juga berarti bahwa COVID juga tidak dapat masuk.” Ardern mengatakan pembatasan telah memungkinkan Selandia Baru membangun pertahanannya terhadap virus dengan mencapai vaksinasi tingkat tinggi sambil juga menjaga ekonomi tetap berjalan dengan kuat.

Sekitar 77% penduduk Selandia Baru telah divaksinasi penuh, menurut Our World in Data. Itu meningkat menjadi 93% di antara mereka yang berusia 12 tahun ke atas, menurut pejabat kesehatan. Selandia Baru telah melaporkan hanya 53 kematian akibat virus di antara populasinya yang berjumlah lima juta.

Ekonomi Selandia Baru kembali tumbuh dengan cepat setelah penurunan pandemi, dan pengangguran turun menjadi 3,2% pada kuartal terakhir, level terendah sejak pencatatan dimulai pada 1986. Namun pemerintah juga meningkatkan pinjaman dengan tajam dan harga rumah melonjak.

Pemimpin oposisi Christopher Luxon mengatakan pembukaan kembali perbatasan adalah berita yang disambut baik, dan Partai Nasionalnya telah lama menyerukan pemerintah untuk "mengakhiri lotere kesengsaraan manusia."

Ardern mengatakan itu adalah langkah pertama menuju normalitas. “Ada kehidupan sebelumnya, dan sekarang kehidupan dengan COVID, tetapi itu juga berarti akan ada kehidupan setelah COVID juga, kehidupan di mana kita telah beradaptasi, di mana kita memiliki beberapa normalitas kembali, dan di mana cuaca dapat sekali lagi mengambil tempat yang semestinya sebagai topik pembicaraan utama kami,” kata Ardern. “Kami sedang dalam perjalanan untuk mencapai tujuan itu. Kami belum cukup sampai di sana. ” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home