Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:48 WIB | Senin, 15 Agustus 2022

Selandia Baru Kirim 120 Tentara ke Inggris, Latih Pasukan Tempur Ukraina

Foto diambil dan dirilis oleh Layanan Penjaga Perbatasan Negara Ukraina pada 7 Juli 2022 menunjukkan bendera Ukraina dipasang di desa Bile di Pulau Ular, wilayah Odessa di Laut Hitam. (Foto: dok. AFP)

WELLINGTON, SATUHARAPAN.COM-Selandia Baru mengirim 120 personel militer ke Inggris untuk membantu melatih warga Ukraina dalam pertempuran garis depan, kata pemerintah, hari Senin (15/8).

Pengerahan itu akan memungkinkan dua tim pelatihan infanteri untuk membekali personel Ukraina dengan keterampilan inti agar efektif dalam pertempuran, termasuk penanganan senjata, pertolongan pertama pertempuran, hukum operasional, dan keterampilan lainnya.

Pelatihan bagti sekitar 800 tentara Ukraina akan dilakukan secara eksklusif di salah satu dari empat berlokasi di Inggris, dan personel pertahanan Selandia Baru tidak akan melakukan perjalanan ke Ukraina, kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

“Kami telah menjelaskan bahwa serangan terang-terangan terhadap kedaulatan suatu negara dan hilangnya nyawa tak berdosa berikutnya adalah salah dan tidak dapat ditoleransi. Kecaman kami akan terus meluas melampaui kata-kata dan termasuk dukungan kritis,” kata Perdana Menteri Jacinda Ardern pada konferensi pers untuk mengumumkan penempatan tersebut.

Dia menekankan bahwa pasukan Selandia Baru belum dan tidak akan terlibat dalam pertempuran di Ukraina. Tiga puluh personel pertahanan Selandia Baru menyelesaikan pengerahan pada Mei untuk melatih personel militer Ukraina dalam mengoperasikan artileri.

Pengerahan pelatihan adalah bagian dari serangkaian tindakan dalam menanggapi invasi Rusia pada 24 Februari di tetangga selatannya yang telah memasukkan lebih dari NZ$40 juta (US$25,70 juta) dalam bentuk dukungan keuangan dan sanksi terhadap 840 individu dan entitas.

Rusia menyebut intervensinya di Ukraina sebagai “operasi khusus” untuk mendemiliterisasinya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home