Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:10 WIB | Jumat, 20 Mei 2022

Senat AS Setujui Bantuan Senilai US$ 40 Miliar untuk Ukraina

Gambar dari video Televisi Senat ini menunjukkan pemungutan suara terakhir 86-11 saat Senat sangat menyetujui bantuan militer dan ekonomi senilai US$ 40 miliar untuk Ukraina dan sekutunya pada hari Kamis, 19 Mei 2022, di Washington. Kedua partai bersatu di belakang dan sangat mungkin bukan terakhir dalam menanggapi invasi Rusia. (Foto: Televisi Senat via AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Mayoritas Senat Amerika Serikat menyetujui hampir US$40 miliar bantuan untuk Ukraina pada hari Kamis (19/5), dengan mengirimkan RUU ke Gedung Putih untuk ditandatangani Presiden Joe Biden menjadi undang-undang. Washington berlomba untuk menjaga bantuan militer mengalir hampir tiga bulan setelah invasi Rusia.

Saat pemungutan suara berlanjut, penghitungannya adalah 79 berbanding 11 yang mendukung paket bantuan militer, ekonomi dan kemanusiaan, dan ini merupakan paket bantuan AS terbesar untuk Ukraina hingga saat ini.

“Ini adalah paket besar, dan akan memenuhi kebutuhan besar rakyat Ukraina saat mereka berjuang untuk kelangsungan hidup mereka,” kata Pemimpin Mayoritas Senat Demokrat, Chuck Schumer, mendesak dukungan untuk pengeluaran tambahan darurat sebelum pemungutan suara.

“Dengan meloloskan bantuan darurat ini, Senat sekarang dapat mengatakan kepada rakyat Ukraina: bantuan sedang dalam perjalanan. Bantuan nyata. Bantuan yang signifikan. Bantuan yang dapat memastikan bahwa Ukraina menang,” kata Schumer.

Dewan Perwakilan Rakyat (Kongres) menyetujui bantuan itu pada 10 Mei. Namun bantuan itu terhenti di Senat setelah Senator Republik, Rand Paul, menolak untuk mengizinkan pemungutan suara cepat. Rekan-rekan Demokrat dari Joe Biden secara sempit mengontrol DPR dan Senat, tetapi aturan Senat membutuhkan persetujuan bulat untuk bergerak cepat ke pemungutan suara terakhir pada sebagian besar undang-undang.

Menteri Luar Negeri AS, Antony  Blinken, dan Menteri Pertahanan, Lloyd Austin, telah mendesak anggota parlemen untuk bekerja cepat, mengatakan kepada para pemimpin kongres dalam sebuah surat bahwa militer memiliki cukup dana untuk mengirim senjata ke Kiev hanya sampai hari Kamis, 19 Mei.

Ketika Biden menandatangani RUU pengeluaran tambahan menjadi undang-undang, itu akan membawa jumlah total bantuan AS yang disetujui untuk Ukraina menjadi lebih dari US$50 miliar sejak invasi Rusia dimulai pada 24 Februari. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home