Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:14 WIB | Minggu, 19 September 2021

Sendok Jadi Simbol Baru Perlawanan Palestina

Sendok Jadi Simbol Baru Perlawanan Palestina
Di Gaza, seniman sedang mengerjakan mural untuk menghormati enam tahanan Palestina yang melarikan diri dari penjara Zionis Gilboa hampir dua minggu lalu. (Foto: dok. AFP)
Sendok Jadi Simbol Baru Perlawanan Palestina
Foto diambil Senin, 6 September 2021 menunjukkan petugas polisi dan penjaga penjara memeriksa tempat pelarian penjara oleh enam tahanan Palestina, di luar penjara Gilboa di Israel Utara. (Foto: dok. AP)

JERUSALEM, SATUHARAPAN.COM0-Sendok sederhana telah ditempatkan di samping bendera dan spanduk sebagai simbol perlawanan Palestina, ini terlihat setelah para tahanan telah melakukan salah satu pembobolan penjara paling spektakuler di Israel dengan peralatan tersebut.

Ketika enam militan Palestina melarikan diri melalui sebuah terowongan pada 6 September dari Penjara Gilboa yang dijaga dengan keamanan tinggi, jejaring sosial berbagi gambar sebuah terowongan di kaki wastafel, dan sebuah lubang digali di luar.

Sebuah tagar, "sendok ajaib," menunjukkan bagaimana prestasi gaya film Hollywood itu bisa terjadi. Tetapi apakah perkakas makan itu benar-benar terlibat atau perannya sudah jelas, pada awalnya tidak jelas.

Kemudian pada hari Rabu (15/9) seorang pengacara salah satu buronan yang telah ditangkap kembali mengatakan kepada AFP bahwa kliennya, Mahmud Abdullah Ardah, mengatakan dia telah menggunakan sendok, piring dan bahkan pegangan ketel untuk menggali terowongan dari selnya.

Dia mulai mencari jalan keluar dari institusi Israel utara pada bulan Desember, kata pengacara, Roslan MaHajjana.

Ardah adalah salah satu dari empat buronan yang kemudian ditangkap setelah tentara mengerahkan pasukan ke Tepi Barat yang diduduki sebagai bagian dari perburuan besar-besaran. Keenamnya dituduh merencanakan atau melakukan serangan terhadap Israel.

Dua pria masih berkeliaran setelah pelarian yang sangat langka. Israel telah memulai penyelidikan atas penyimpangan yang menyebabkan insiden memalukan itu, yang dilihat oleh warga Palestina sebagai “kemenangan.”

“Dengan tekad, kewaspadaan, dan kelicikan, dan dengan sendok, adalah mungkin untuk menggali terowongan di mana orang-orang Palestina melarikan diri dari penjara musuh,” kata penulis Sari Orabi di situs Arabi 21.

Kartunis Palestina Mohammed Sabaaneh mengatakan pelarian itu telah menimbulkan "humor hitam" dan mengekspos sistem keamanan Israel untuk diejek. Dia telah membuat beberapa gambar yang menampilkan perkakas itu, termasuk yang berjudul "Terowongan Kebebasan."

Masalah ini juga menimbulkan kekaguman di luar wilayah Palestina, di mana sendok telah dibawa dalam demonstrasi mendukung tahanan yang ditahan oleh Israel.

Di Kuwait, seniman Maitham Abdal memahat tangan raksasa yang menggenggam sendok dengan kuat: "sendok kebebasan", begitu ia menyebutnya.

Terinspirasi serupa, desainer grafis yang berbasis di Amman, Raed Al-Qatnani, secara simbolis menggambarkan enam siluet yang menjembatani kebebasan, yang diwakili oleh gambaran sendok.

Baginya, itu juga membangkitkan berbagai aksi mogok makan yang dilakukan oleh para tahanan Palestina untuk memprotes penahanan mereka.

Di Tulkarem, sebuah kota di Tepi Barat yang diduduki Israel sejak 1967, pelarian itu membawa kembali kenangan bagi Ghassan Mahdawi. Dia dan tahanan lain melarikan diri dari penjara Israel pada tahun 1996 melalui terowongan yang digali bukan menggunakan peralatan dapur melainkan paku.

Dia telah ditangkap karena menjadi anggota kelompok bersenjata selama intifada Palestina pertama, yang berlangsung hingga awal 1990-an.

“Tidak ada yang tidak bisa dilakukan oleh narapidana… dan selalu ada kesalahan” dalam sistem tersebut, kata Mahdawi, yang ditangkap kembali dan kemudian dibebaskan setelah total 19 tahun ditahan.

Dalam pandangannya, pelarian terbaru mungkin telah menggunakan alat selain sendok, yang diperoleh di dalam penjara, untuk melakukan apa yang diimpikan oleh setiap tahanan tetapi hanya sedikit yang dapat dicapai.

“Melarikan diri dari penjara Israel adalah sesuatu yang dipikirkan setiap narapidana,” kata Mahdawi. Untuk melakukannya dengan sendok, tambahnya, adalah sesuatu yang “akan tercatat dalam sejarah.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home