Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:16 WIB | Selasa, 09 Januari 2018

Senegal Berencana Pesan Lagi Pesawat CN-235

Ilustrasi. Pesawat CN 235. (Foto: kabar24.bisnis.com)

DAKAR, SENEGAL, SATUHARAPAN.COM – Puas dengan kualitas pesawat serta layanan purnajual dari PT Dirgantara Indonesia, Presiden Senegal, Macky Sall, menyatakan keinginannya untuk kembali membeli pesawat CN-235 dari Indonesia.

Hal tersebut diutarakan Presiden Macky Sall ketika bertemu dengan Dubes RI Dakar, Mansyur Pangeran, di sela-sela pertemuan awal tahunan di Istana Kepresidenan Senegal akhir pekan lalu, seperti dilansir kemlu.go.id.

Dubes Mansyur menyatakan jika terealisasi, tentunya pesawat tersebut akan menjadi pesawat yang keempat yang dibeli Pemerintah Senegal dari Indonesia.

Pada tahun 2017, Pemerintah Senegal menandatangani kontrak pembelian pesawat CN-235 yang ketiga. Penandatanganannya disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu.

Selain pesawat, menurut berita yang dilansir KBRI Dakar, Dubes Mansyur pada kesempatan pertemuan tersebut juga menyampaikan kepada Presiden Macky Sall untuk mendorong tindak lanjut rencana pembelian gerbong kereta api PT INKA dan kapal untuk keperluan niaga dan militer dari PT PAL, yang telah dijajaki Senegal sejak tahun lalu.

Dubes Mansyur menyatakan bahwa tawaran dua produk industri strategis Indonesia lainnya (gerbong kereta api dan kapal-kapal kargo, kapal tanker dan kapal militer) dimaksud, saat ini dalam tahap pembahasan di tingkat teknis kementerian terkait di Senegal.

Presiden Macky Sall menyampaikan bahwa pemerintahnya merasa senang terhadap peningkatan hubungan bilateral kedua negara. Ia mengatakan beberapa kali bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada kegiatan-kegiatan pertemuan internasional antara lain dalam rangka G-20 dan OKI belum lama ini.

Dubes Mansyur mengharapkan promosi industri strategis Indonesia tersebut di Senegal dapat direalisasikan pada tahun 2018 ini. Selain itu, juga mengharapkan adanya saling kunjung pada tingkat kepala negara untuk lebih memperkokoh hubungan bilateral dan persahabatan kedua negara. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home