Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 16:44 WIB | Senin, 18 Oktober 2021

Senjata Baru: Robot Anjing dengan Senapan Khusus

Dijuluki "warfighters best friend," robot anjing ini dilengkapi dengan senjata SPUR (Special Purpose Unmanned Rifle). (Foto: dok. Ist)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Robot anjing yang dipersenjatai dengan senapan tampilkan pada acara tahunan Asosiasi Angkatan Darat Amerika Serikat di Washington, DC, menurut laporan media AS.

Robot anjing dibuat oleh Ghost Robotics yang berbasis di Philadelphia, yang mengembangkan robotika dan drone darat untuk pasar militer, keamanan dalam negeri, dan perusahaan.

Dijuluki "teman terbaik pejuang perang," robot ini dilengkapi dengan SPUR (Special Purpose Unmanned Rifle) yang diproduksi oleh SWORD (Special Warfare Operations Research Development).

Menurut majalah sains dan teknologi New Scientist, Ghost Robotics telah mengembangkan robot berkaki empat sejak 2015. Robot-robot tersebut sangat mobile, mampu melintasi medan terjal yang mungkin sulit bagi mesin beroda dan kendaraan beroda.

Ghost Robotics mengatakan robot anjing dikendalikan sepenuhnya oleh operator jarak jauh, sejalan dengan kebijakan Pentagon yang menyatakan bahwa semua senjata robot harus berada di bawah kendali operator manusia.

Majalah itu melaporkan bahwa Ghost Robotics mengatakan robot itu dipilih oleh pelanggan karena "kemampuannya untuk bergerak di medan yang sulit, memungkinkannya mengambil posisi menembak yang cocok untuk tembakan penembak jitu."

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home