Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 08:24 WIB | Kamis, 06 Maret 2014

Seorang Anak 13 Tahun Sukses Membuat Reaktor Nuklir

Jamie Edwards berpose dengan reaktor nuklirnya. (Foto: iflscience.com)

INGGRIS, SATUHARAPAN.COM - Seorang anak berusia 13 tahun dari Preston Inggris menjadi orang termuda yang sukses menjalankan fusi nuklir. Jamie Edwards, murid sekolah Penwortham Preston telah membangun sebuah reaktor nuklir.

Jamie Edwards dengan dibantu sekolahnya, berhasil merebut rekor dunia “fusioneer” termuda dari tangan Taylor Wilson yang pada tahun 2008 berhasil membuat reaktor nuklir di usia 14 tahun.

Jamie, yang akan berulang tahun ke 14 pada hari Minggu (9/3) nanti, mulai membangun reaktor pada bulan Oktober tahun lalu dan pada Rabu (5/3) berhasil membuat dua inti atom hidrogen bergabung membentuk inti atom yang lebih besar dan meledak melepaskan energi (fusi nuklir).

"Ini adalah sebuah prestasi. Ini benar-benar luar biasa. Aku tak bisa percaya itu - meskipun semua teman-teman saya pikir saya gila,” kata Jamie.

"Suatu hari, saya mencari tentang radiasi atau aspek lain dari energi nuklir di internet dan saya membaca apa yang dilakukan Taylor Wilson dengan reaktornya,"

"Aku penasaran, berpikir 'sepertinya hebat' dan memutuskan untuk mencoba membuatnya,” kata Jamie.

Jamie pada akhirnya minta bantuan kepala sekolahnya setelah beberapa laboratorium nuklir menolak usulannya membuat reaktor nuklir. 

Jim Hourigan kepala sekolah Jamie pada bulan Oktober mengatakan, “saya sedikit terkejut dan gugup ketika Jamie mengusulkan hal itu tapi dia meyakinkan saya bahwa dia tidak akan meledakkan sekolahannya."

"Pada dasarnya saya membuat sebuah bintang di dalam botol. Ini benar-benar menakjubkan, sebuah prestasi, berasal dari Penwortham dan menjadi orang termuda di dunia untuk melakukan hal ini,"  kata Jamie. (iflscience.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home