Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:23 WIB | Rabu, 30 Maret 2022

Seorang Arab Bersenjata Serang dan Bunuh Lima Orang di Israel

Petugas keamanan dan medis Israel mengamankan lokasi serangan yang menewaskan seorang pria bersenjata di jalan utama di Bnei Brak, dekat Tel Aviv, Israel, pada 29 Maret 2022. (Foto: Reuters)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Seorang pria Arab bersenjata menewaskan sedikitnya lima orang di pinggiran Tel Aviv pada hari Selasa (29/3) sebelum dia ditembak mati, kata layanan ambulans nasional, dalam serangan mematikan ketiga di Israel dalam sepekan.

“Israel sedang menghadapi gelombang teror Arab yang mematikan,” kata Perdana Menteri, Naftali Bennett, mentweet setelah penembakan di Bnei Brak, sebuah kota ultra-Ortodoks Yahudi di pinggiran ibu kota komersial Israel.

Penembakan itu menambah menjadi 11 jumlah orang yang dibunuh oleh orang-orang Arab bersenjata di Israel selama sepekan terakhir, lonjakan paling tajam dalam serangan di jalan-jalan kota dalam beberapa tahun.

Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, mengutuk pembunuhan warga sipil Israel dan menekankan bahwa pembunuhan warga Israel dan Palestina hanya akan memperburuk situasi, memperingatkan terhadap serangan pembalasan oleh pemukim Yahudi dan lainnya, kata kantor berita Palestina, Wafa.

Warga Palestina telah melaporkan peningkatan kekerasan pemukim di Tepi Barat dan Yerusalem Timur, yang direbut Israel dalam perang 1967.

Siaran video amatir di stasiun televisi Israel menunjukkan seorang pria berpakaian hitam dan menodongkan senapan serbu berjalan di jalan di Bnei Brak.

Laporan media Israel, mengutip pejabat keamanan tak dikenal, mengatakan penyerang adalah seorang Palestina dari sebuah desa dekat kota Jenin di Tepi Barat yang diduduki.

Polisi mengatakan dia membunuh empat warga sipil dan seorang petugas yang tiba di tempat kejadian sebelum petugas menembak mati pria bersenjata itu. Belum ada klaim tanggung jawab langsung atas serangan itu.

Para pejabat Israel telah memperingatkan tentang lonjakan serangan menjelang bulan April untuk bulan suci Ramadhan, periode di mana kekerasan telah melonjak di masa lalu.

Tahun lalu terjadi bentrokan malam Ramadhan antara warga Palestina dan polisi serta pemukim Israel. Serangan polisi di kompleks Masjid Al-Aqsa dan larangan pertemuan malam di Gerbang Damaskus membantu memicu kekerasan antara Israel dan militan Gaza yang menyebabkan 11 hari serangan roket Palestina dan serangan udara Israel.

Di Bnei Brak, saksi mata mengatakan pria bersenjata itu mulai menembaki balkon apartemen dan kemudian ke orang-orang di jalan dan di dalam mobil.

"Saya tinggal di Hashneim Street di Bnei Brak dan saya berada di rumah ketika saya mendengar suara tembakan," kata paramedis Menachem Englander, menurut tweet yang diposting oleh Magen David Adom.

“Saya segera pergi ke jalan dan melihat seorang teroris menodongkan senjata ke arah saya. Secara ajaib, senjatanya macet dan dia tidak bisa menembak.”

Pekan lalu, seorang warga negara Arab Israel membunuh empat orang dalam serangan penusukan dan tabrakan mobil di kota selatan Beersheba, sebelum dia ditembak mati oleh seorang pejalan kaki. Pihak berwenang Israel mengatakan dia adalah simpatisan ISIS.

Pada hari Minggu (27/3), ketika pertemuan puncak Israel-Arab diadakan di Israel selatan, seorang penyerang Arab menembak dan membunuh dua petugas polisi di Hadera, sebuah kota sekitar 50 km (30 mil) utara Tel Aviv. Petugas lain menembak dan membunuhnya. ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan Hadera. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home