Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:02 WIB | Senin, 04 April 2022

Seorang Pria di Jerman Disuntik Vaksin COVID-19 Sebanyak 90 Kali

Seorang pria berusia 87 tahun mendapatkan suntikan booster di pusat vaksinasi di Frankfurt, Jerman, Kamis, 11 November 2021. (Foto: dok. AP/Michael Probst)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Seorang pria berusia 60 tahun diduga telah mendapat vaksinasi COVID-19 puluhan kali di Jerman untuk menjual kartu vaksinasi palsu dengan nomor batch vaksin asli kepada orang-orang yang tidak ingin divaksinasi sendiri.

Pria dari kota Magdeburg di Jerman timur, yang namanya tidak dirilis sesuai dengan aturan privasi Jerman, dikatakan telah menerima hingga 90 suntikan melawan COVID-19 di pusat vaksinasi di negara bagian timur Saxony selama berbulan-bulan sampai polisi kriminal menangkapnya bulan ini, kantor berita Jerman dpa melaporkan hari Minggu (3/4).

Tersangka tidak ditahan tetapi sedang diselidiki karena penerbitan kartu vaksinasi dan pemalsuan dokumen yang tidak sah, lapor dpa.

Dia ditangkap di pusat vaksinasi di Eilenburg di Saxony ketika dia muncul untuk suntikan COVID-19 untuk hari kedua berturut-turut. Polisi menyita beberapa kartu vaksinasi kosong darinya dan memulai proses pidana.

Tidak segera jelas apa dampak sekitar 90 suntikan vaksin COVID-19, yang berasal dari berbagai merek, terhadap kesehatan pribadi pria itu.

Polisi Jerman telah melakukan banyak penggerebekan sehubungan dengan pemalsuan paspor vaksinasi dalam beberapa bulan terakhir. Banyak penyangkal COVID-19 menolak untuk divaksinasi di Jerman, tetapi pada saat yang sama ingin memiliki paspor COVID-19 yang didambakan untuk akses ke kehidupan publik dan tempat-tempat seperti restoran, teater, kolam renang, atau tempat kerja menjadi lebih mudah.

Jerman telah melihat angka infeksi yang tinggi selama berminggu-minggu, namun banyak langkah untuk mengendalikan pandemi berakhir pada hari Jumat (1/4). Mengenakan masker tidak lagi wajib di toko kelontong dan sebagian besar teater tetapi masih wajib di transportasi umum.

Di sebagian besar sekolah di Jerman, siswa juga tidak lagi harus memakai masker, yang telah menyebabkan asosiasi guru memperingatkan kemungkinan konflik di kelas.

“Sekarang ada bahaya bahwa, di satu sisi, anak-anak yang memakai masker akan diejek oleh teman sekelasnya sebagai pengecut dan terlalu protektif atau, di sisi lain, tekanan akan diberikan pada bukan pemakai masker,” kata Heinz-Peter Meidinger, presiden Asosiasi Guru Jerman.

Dia menganjurkan komitmen sukarela oleh guru dan siswa untuk terus mengenakan masker di kelas dan di halaman sekolah, setidaknya sampai negara itu memasuki liburan Paskah dua pekan.

Pakar kesehatan mengatakan lonjakan infeksi terbaru di Jerman dipicu oleh subvarian omicron BA.2 yang mungkin telah mencapai puncaknya.

Pada hari Minggu, badan pengendalian penyakit negara itu melaporkan 74.053 infeksi COVID-19 baru dalam satu hari, sementara kurang dari sepekan yang lalu melaporkan 111.224 infeksi harian. Secara keseluruhan, Jerman telah mencatat 130.029 kematian akibat COVID-19.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home