Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:14 WIB | Senin, 18 Mei 2020

Serangan Bom Bunuh Diri Al Shabaab, Seorang Gubernur Tewas

Pasukan keamanan berjaga di puing-puing kendaraan setelah serangan bom kendaraan di ibu kota Somalia, Mogadishu, pada 8 Januari 2020 yang diduga dilakukan kelompok Al-Shabaab. (Foto: dok. dari AP)

MOGADISHU, SATUHARAPAN.COM-Serangan bom bunuh diri dilakukan kelompok Islamis Al Shabaab terjadi di Somalia, hari Minggu (17/5), menewaskan empat orang, kata polisi.

Gubernur Mudug, sebuah wilayah di negara bagian Puntland yang semi-otonom, termasuk di antara yang tewas bersama tiga pengawalnya, Pihak kelompok Islamis, Al Shabaab, mengklaim melakukan serangan itu.

"Sebuah bom mobil bunuh diri menabrak mobil gubernur. Gubernur Ahmed Muse Nur dan tiga pengawalnya tewas," kata kapten polisi, Mohamed Osman, kepada Reuters.

Al Shabaab telah berjuang selama bertahun-tahun untuk menggulingkan pemerintah pusat Somalia yang didukung pihak Barat. Mereka sering melakukan pemboman di Somalia dan di tempat lain di wilayah tersebut. Kelompok ini ingin mendirikan pemerintahannya sendiri di negara Tanduk Afrika, berdasarkan interpretasinya sendiri yang ketat terhadap hukum syariah Islam.

"Kami berada di balik ledakan itu. Itu adalah bom mobil bunuh diri. Kami membunuh gubernur wilayah Mudug dan tiga pengawalnya," kata juru bicara operasi militer Al Shabaab, Abdiasis Abu Musab, kepada Reuters.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home