Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:44 WIB | Rabu, 30 Desember 2020

Serangan di Bandara Aden, Yaman, Lima Tewas

Sedikitnya lima orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan di bandar udara Aden, Yaman, hari Rabu (30/12). (Foto: tangkap layer video)ast

ADEN, SATUHARAPAN.COM-Terjadi ledakan besar dan tembakan di bandar udara Aden, Yaman, tak lama setelah sebuah pesawat yang membawa pemerintah Yaman yang baru dibentuk mendarat pada hari Rabu (30/12), menurut laporan media kata Al Arabiya.

Sedikitnya lima orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan di bandar udara Aden itu, kata sumber keamanan setempat dikutip Reuters.

Wartawan Al Arabiya mengatakan bahwa laporan awal menunjukkan bahwa menteri pemerintah Yaman tidak terluka dalam serangan itu.

Sebelumnya diberitakan bahwa sebuah pemerintahan baru telah dibentuk di Yaman, menyusul perkembangan terbaru negara itu yang mengadopsi Perjanjian Riyadh yang mengatur struktur pembagian kekuasaan antara Dewan Transisi Selatan dan pemerintah Yaman.

Pemerintahan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang berbasis di pelabuhan selatan Aden, dan separatis adalah sekutu koalisi pimpinan Arab Saudi, yang telah berperang melawan Houthi yang berpihak pada Iran yang menguasai ibu kota Sanaa sejak 2014.

Namun, separatis Dewan Transisi Selatan (STC) mendeklarasikan pemerintahan sendiri di Aden awal tahun ini, dan kedua belah pihak telah bertempur di selatan, mempersulit upaya PBB untuk menempa gencatan senjata permanen dalam keseluruhan konflik.

Bentrokan di dalam kubu anti Houthi adalah salah satu faktor yang menghambat upaya PBB untuk merundingkan gencatan senjata nasional guna membuka jalan bagi dimulainya kembali negosiasi politik, yang terakhir diadakan pada Desember 2018, untuk mengakhiri perang yang lebih luas.

Konflik tersebut, yang secara luas terjadi di wilayah tersebut sebagai perang proksi antara Arab Saudi dan Iran, telah menewaskan lebih dari 100.000 orang dan menyebabkan apa yang menurut PBB sebagai krisis kemanusiaan terbesar di dunia.

Tentang serangan terakhir di bandara belum ada penjelaskan tentang pihak-pihak yang melakukan serangan.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home