Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:03 WIB | Kamis, 03 November 2022

Serangan pada Konvoi Mantan PM Pakistan, Imran Khan, Satu Tewas

Mantan PM Pakistan, Imran Khan. (Foto: dok. AP)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM-Mantan Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, terluka ketika konvoinya ditembak di timur negara itu pada hari Kamis (3/11), kata beberapa saluran berita lokal.

Khan memimpin pawai protes di Islamabad untuk menuntut pemilihan cepat. Dia ditembak di kaki tetapi keluar dari bahaya, laporan media menambahkan.

Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke sebuah truk kampanye yang membawa Imran Khan melukainya, dan menewaskan salah satu pendukungnya dan melukai sembilan lainnya, kata partainya dan polisi.

Pejabat partai Asad Umar mengatakan Khan terluka di kaki dan tidak terluka parah. Identitas pria bersenjata, yang ditangkap di tempat kejadian, tidak segera diketahui. Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas penembakan itu.

Serangan itu menimbulkan kekhawatiran baru tentang meningkatnya ketidakstabilan politik di Pakistan, negara bersenjata nuklir dengan populasi besar 225 juta orang. Sejak penggulingannya dalam mosi tidak percaya di Parlemen pada bulan April, Khan telah mampu memobilisasi massa dalam jumlah besar pada rapat umum di seluruh negeri, di mana ia telah membuat massa dengan klaim bahwa ia adalah korban konspirasi oleh penggantinya, Perdana Menteri Shahbaz Sharif, dan Amerika Serikat.

Baik perdana menteri baru dan Washington telah membantah tuduhan tersebut.

Pakistan memiliki sejarah pembunuhan politik, terutama mendiang Benazir Bhutto, yang menjabat dua kali sebagai perdana menteri dan dibunuh pada tahun 2007.

Menurut polisi, serangan hari Kamis terjadi di distrik Wazirabad di Provinsi Punjab timur di mana Khan bepergian dengan konvoi besar dengan truk dan mobil menuju ibu kota, Islamabad, sebagai bagian dari kampanyenya yang bertujuan memaksa pemerintah untuk mengadakan pemilihan awal.

Di antara yang terluka juga Faisal Javed, seorang anggota parlemen dari Tehreek-e-Insaf. Dalam sebuah pernyataan video, dengan darah menodai pakaiannya, Javed bersikeras bahwa pawai protes Khan ke Islamabad tidak akan berhenti.

Petugas polisi distrik, Ghazanfar Ali, mengatakan satu orang tewas dan sembilan lainnya terluka dalam serangan itu. Menteri Dalam Negeri, Rana Sanaullah Khan, menuntut laporan dari polisi tentang insiden itu dan mengutuk serangan itu.

Fawad Chaudhry, seorang pemimpin senior dari partai Khan, mengatakan kepada para pendukung di sekitar truk Khan bahwa serangan itu adalah upaya untuk membunuh mantan perdana menteri negara itu.

Khan, mantan bintang kriket yang menjadi politisi Islam, telah menolak untuk mundur dari posisinya. Militer kuat negara itu mengatakan bahwa meskipun Khan memiliki hak demokratis untuk mengadakan rapat umum di Islamabad, tidak ada yang diizinkan untuk mengacaukan negara. Pihak berwenang di Islamabad telah mengerahkan keamanan tambahan di sekitar kota untuk mencegah bentrokan atau kekerasan.

Khan kemudian terlihat dengan perban di kaki kanannya, tepat di atas kaki, menurut laporan dan gambar buram. Dia dipindahkan ke kendaraan lain dari truk kontainernya, dari mana pengumuman dibuat bahwa dia aman.

“Dia dibawa ke rumah sakit di Lahore, tetapi dia tidak terluka parah. Sebuah peluru mengenai kakinya,” kata Umar kepada wartawan. Menurut Kementerian Dalam Negeri, pemerintah telah memerintahkan penyelidikan atas insiden tersebut.

Sejumlah pendukung yang tidak ditentukan dari partai Tehreek-e-Insaf-nya yang merupakan bagian dari pawai juga terluka, menurut pengumuman dari partai tersebut.

Serangan itu terjadi kurang dari sepekan setelah Khan memulai pawainya dari Lahore, ibu kota provinsi Punjab, bersama dengan ribuan pendukungnya.

Sejak penggulingannya dalam mosi tidak percaya di Parlemen pada bulan April, Khan menuduh bahwa penggulingannya adalah konspirasi yang direkayasa oleh penggantinya, Perdana Menteri Shahbaz Sharif, dan Amerika Serikat, klaim yang telah dibantah oleh perdana menteri baru dan Washington.

Pemerintah Sharif juga mengatakan bahwa tidak akan ada pemungutan suara lebih awal dan pemilihan berikutnya akan diadakan sesuai jadwal, pada tahun 2023.

Tantangan terbaru Khan kepada pemerintah datang setelah komisi pemilihan Pakistan mendiskualifikasi dia dari jabatan publik selama lima tahun karena diduga menjual hadiah negara secara tidak sah dan menyembunyikan aset sebagai perdana menteri.

Khan, yang telah menantang diskualifikasi dalam kasus pengadilan yang tertunda, mengatakan dia akan menuntut Ketua Komisioner Pemilihan, Sikandara Raja, yang berada di balik keputusan itu, karena menyebutnya sebagai “orang yang tidak jujur.”

Juga tidak segera diketahui apakah konvoi Khan akan melanjutkan ke Islamabad. Sebelumnya, Chaudhry mengatakan mereka berencana memasuki Islamabad pada hari Jumat.

Serangan itu juga terjadi pada saat Pakistan yang miskin bergulat dengan dampak akibat banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya yang melanda negara Islam ini selama musim panas, menewaskan 1.735 orang dan menggusur 33 juta orang. (Reuters/AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home