Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:27 WIB | Sabtu, 10 September 2022

Serangan Rusia Jadi Mimpi Buruk Warga Sipil Sloviansk, Ukraina

Mariia Ruban, 92 tahun, dibantu oleh seorang tetangga saat dia berdiri di taman rumahnya yang atap dan jendelanya rusak setelah serangan Rusia di Sloviansk, Ukraina, Selasa, 6 September 2022. (Foto: AP/Leo Correa)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pada malam hari penduduk kota Sloviansk di Ukraina timur mera paling takut, ketika serangan roket dan artileri lebih sering terjadi. Roket menghantam taman dan gedung apartemen, mengirimkan bongkahan batu dan pecahan kaca meluncur menembus kegelapan.

Sedikit lebih dari 11 kilometer (tujuh mil) barat daya dari garis depan dan dalam jangkauan artileri pasukan Rusia, Sloviansk telah mengalami serangan yang semakin sering. Kota ini dianggap sebagai target strategis dalam ambisi Moskow untuk merebut semua Provinsi Donetsk, wilayah yang sebagian besar berbahasa Rusia di Ukraina timur yang merupakan bagian dari Donbas, jantung industri Ukraina.

Pada hari Rabu, petugas pemadam kebakaran mengais di puing-puing gedung apartemen yang masih membara, mencari kemungkinan ada korban setelah serangan dini hari menghancurkan bagian dari struktur. Setelah berjam-jam mencari, menggunakan derek untuk memindahkan lempengan beton dan mencapai ke ruang bawah tanah, mereka muncul dengan kantong mayat putih. Kerabat yang menunggu dengan cemas di dekatnya mengatakan bahwa mereka juga mencari pasangan lansia yang tinggal di lantai tiga.

“Apa yang terjadi sekarang bukan hanya menakutkan, itu mengerikan,” kata Raisa Smielkova, 75 tahun, yang tinggal di bagian lain gedung yang sama dan apartemennya hanya mengalami kerusakan ringan. Perang ini, katanya, lebih buruk dari yang sebelumnya pada tahun 2014, ketika pasukan Ukraina memerangi separatis yang didukung Rusia. “Ada lebih banyak kehancuran. Semuanya lebih buruk. Semuanya saja.”

Mengandalkan pensiun mereka untuk bertahan hidup, dia dan suaminya tidak mampu pindah ke bagian Ukraina yang lebih aman, kata Smielkova.

“Jika kita terbunuh, kita terbunuh, apa yang bisa saya lakukan?” katanya. “Ada yang mengatakan kepada saya: apakah kamu tidak takut? Dan saya menjawab: Tentu saja saya takut. Hanya orang bodoh yang tidak takut, yang lainnya takut seperti saya.”

Lebih dari 24 jam sebelumnya di bagian lain kota, kekuatan ledakan dari serangan lain melemparkan Maria Ruban yang berusia 92 tahun dari tempat tidur dan jatuh ke lantai. Dia tidak ingat berapa lama dia berbaring di sana, sendirian dan tak berdaya, tertutup debu.

“Saya kehilangan kesadaran dan tidak ada orang di sekitar, tidak ada yang bisa membantu saya,” katanya, menceritakan cobaan beratnya melalui desahan berat dan air mata. Dia akhirnya bangkit tetapi tidak bisa keluar dari rumah, kekuatan ledakan telah membuat pintu tertutup.

Ruban tinggal di rumah kecilnya di bagian selatan Sloviansk sejak 1957. Sekarang berusia 92 tahun, dia selamat dari Perang Dunia II dan perang Ukraina tahun 2014. Namun dia mengatakan perang ini seperti yang belum pernah dia alami sebelumnya.

“Saya telah menjalani segalanya, bahkan kelaparan. Tapi saya belum pernah melihat yang seperti ini, seperti yang terjadi hari ini,” katanya, berdiri di kebunnya dengan bantuan tongkat kayu kasar. Di belakangnya, kerabat dan tetangga memaku terpal plastik di atas atapnya yang rusak dan mengambil pecahan pecahan peluru dari tempat tidur, juga di tanaman tomatnya hingga terdengar bunyi dentuman artileri di kejauhan.

Sudah sekitar tengah malam pada Senin malam ketika Ruban berbaring dan menutupi dirinya dengan selimut. "Saya pikir: 'sekarang mereka akan memulai serangan mereka', karena mereka menyerang saat ini," katanya. Dia tidak salah.

Sekarang dia khawatir tentang bagaimana dia akan melewati musim dingin yang sangat dingin di Ukraina, dengan atap yang rusak dan jendela yang pecah.

“Ya Tuhan, tolong bantu saya agar atapnya bisa ditutup untuk musim dingin,” teriaknya. "Siapa yang tahu berapa lama aku akan hidup." Ruban juga kehilangan jendelanya karena ledakan dalam perang tahun 2014, katanya. "Yang saya tahu hanyalah perbaikan, untuk hidup dan untuk memperbaiki."

Di seberang jalan, sebuah proyektil menghantam halaman tetangga, meratakan rumahnya dan merusak beberapa tempat tinggal lainnya. Tetangga yang tidak mau disebutkan namanya itu tidur di samping jendela di ruang depan. Atapnya diledakkan, dindingnya runtuh dan pohon apel di taman depannya hancur di seberang jalan. Tapi dia lolos tanpa banyak goresan.

Beristirahat sejenak dari menggali puing-puing untuk menemukan dokumen identitasnya, dia mengintip ke dalam kawah besar tempat taman depannya dulu, bagian bawahnya dipenuhi air dari curah hujan semalam.

Dia telah berpikir untuk menanam kentang tahun ini, katanya dengan masam, tetapi sekarang mungkin dia harus beralih ke beternak ikan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home