Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:32 WIB | Rabu, 01 Juni 2022

Serangan Rusia Menghantam Tangki Asam Nitrat di Pabrik Kimia Ukraina

Pasukan Rusia menyerang sebuah tangki yang mengandung asam nitrat di sebuah pabrik kimia di kota Severodonetsk, Ukraina, yang mereka coba rebut, kata gubernur setempat. (ukrinform.ua)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Rusia menyerang sebuah tangki yang mengandung asam nitrat di sebuah pabrik kimia di kota Ukraina, Severodonetsk, yang mereka coba rebut, kata gubernur setempat hari Selasa (31/5). Dia menyerukan orang-orang untuk tinggal di tempat penampungan.

Serangan udara oleh pasukan Moskow “menghantam tangki dengan asam nitrat di pabrik kimia”, kata gubernur wilayah Lugansk, Sergiy Gaiday, di Telegram. “Asam nitrat berbahaya jika terhirup, tertelan dan kontak dengan kulit,” tambahnya.

"Jangan keluar dari tempat perlindungan!" kata Gaiday. Dia meminta penduduk yang tersisa di kota, yang telah menghadapi pertempuran sengit selama berhari-hari, untuk "menyiapkan masker pelindung wajah yang sebelumnya direndam dengan larutan soda".

Pihak berwenang separatis pro Moskow mengatakan tank itu telah "meledak" di wilayah yang dikendalikan oleh pasukan Ukraina.

“Di pabrik kimia Azot, sebuah tangki berisi bahan kimia diledakkan. Awalnya, itu adalah asam nitrat,” kata Rodion Mironchik, perwakilan dari Republik Rakyat Lugansk yang memproklamirkan diri, di Telegram.

Dia mengatakan wilayah pabrik berada di bawah kendali Ukraina.

Pejabat Ukraina mengatakan pada hari Selasa bahwa pasukan Moskow yang maju sekarang menguasai setengah dari Severodonetsk, tujuan utama bagi tentara Rusia. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home