Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:23 WIB | Senin, 04 Juli 2022

Serangan Rusia pada Mal di Ukraina, Mungkin Pesan Putin pada Barat

Petugas pemadam kebakaran bekerja di lokasi sebuah bangunan tempat tinggal setelah ledakan, di Kiev, Ukraina, 26 Juni 2022. (Foto: dok. AP/Nariman El-Mofty)

KEIV, SATUHARAPAN.COM-Serangan tentara Rusia ke pusat perbelanjaan yang sibuk di Ukraina, diduga sebagai semacam pesan Rusia pada negara-negara Barat yang membantu persenjataan pada Ukraina untuk menghadapi invasi Rusia.

Yang terbaru dalam serangkaian kengerian di Ukraina itu terjadi pekan ini ketika senjata Rusia menghujani warga sipil di sebuah pusat perbelanjaan yang sibuk jauh dari garis depan perang di bulan kelima.

Dilihat waktunya sepertinya bukan secara kebetulan. Sementara sebagian besar perang bergeser di timur Ukraina, dan tersembunyi dari pandangan dunia, kebrutalan serangan rudal Rusia di sebuah mal di pusat kota Kremenchuk dan pada bangunan tempat tinggal di ibu kota, Kiev, menjadi perhatian dunia dan terutama Barat, ketika para pemimpin berkumpul di KTT G7 di Jerman.

Apakah serangan itu merupakan pesan dari Presiden Rusia Vladimir Putin ketika Barat berusaha mempersenjatai Ukraina dengan senjata yang lebih efektif untuk meningkatkan perlawanannya, dan untuk menempatkan Ukraina di jalur untuk bergabung dengan Uni Eropa?

Walikota Kiev, Vitali Klitschko, menyebutkan hal yang sama ketika rudal menghantam ibu kota pada 26 Juni, tiga hari setelah para pemimpin Uni Eropa dengan suara bulat setuju untuk menjadikan Ukraina sebagai calon anggota.

Itu "mungkin serangan simbolis" ketika Kelompok Tujuh (G7) memimpin kekuatan ekonomi dan kemudian para pemimpin NATO bersiap untuk bertemu dan menerapkan tekanan lebih lanjut pada Moskow, katanya. Sedikitnya enam orang tewas dalam serangan di Kiev, yang menghantam sebuah gedung apartemen.

Mantan komandan jenderal pasukan Angkatan Darat Amerika Serikat di Eropa, pensiunan Letnan Jenderal Ben Hodges, melangkah lebih jauh dalam menghubungkan serangan dan pertemuan itu. “Rusia mempermalukan para pemimpin Barat,” katanya.

Sehari setelah serangan Kiev, ketika para pemimpin G7 bertemu di Jerman untuk membahas dukungan lebih lanjut untuk Ukraina selama pertemuan puncak tahunan mereka, Rusia menembakkan rudal ke pusat perbelanjaan yang ramai di kota Kremenchuk, Ukraina tengah, menewaskan sedikitnya 19 orang.

Waktu kedua serangan itu tampaknya disandingkan dengan pertemuan Eropa antara Presiden AS, Joe Biden, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, Kanselir Jerman ,Olaf Scholz, dan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, semua pendukung Ukraina.

Menentang bukti, Putin dan pejabatnya menyangkal bahwa Rusia menyerang daerah pemukiman. Putin membantah bahwa pasukan Rusia menargetkan mal Kremenchuk, dengan mengatakan itu diarahkan ke depot senjata terdekat. Namun para pejabat dan saksi mata Ukraina mengatakan sebuah rudal langsung menghantam mal tersebut.

Cara Putin Menunjukkan Jari Tengah

Ini bukan pertama kalinya ledakan kekerasan secara luas dilihat sebagai sinyal ketidaksenangan Moskow. Pada akhir April, rudal Rusia menghantam Kiev hampir satu jam setelah Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengadakan konferensi pers dengan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, yang sedang berkunjung.

“Ini mengatakan banyak tentang sikap Rusia yang sebenarnya terhadap institusi global,” kata Zelenskyy saat itu. Walikota Kiev menyebut serangan itu sebagai cara Putin menunjukkan "jari tengah."

Presiden Rusia baru-baru ini memperingatkan bahwa Moskow akan menyerang sasaran-sasaran yang sejauh ini dihindarkan jika Barat memasok Ukraina dengan senjata yang bisa mencapai Rusia. Jika Kiev mendapatkan roket jarak jauh, Rusia akan “menarik kesimpulan yang tepat dan menggunakan alat pemusnah kami, yang kami punya banyak,” kata Putin.

Pada hari Jumat (1/7), sehari setelah pasukan Rusia mundur dari Pulau Ular dekat kota pelabuhan Laut Hitam, Odesa, menyusul apa yang disebut Ukraina sebagai rentetan serangan artileri dan rudal, Rusia membombardir daerah pemukiman di kota pantai dekat Odesa dan membunuh di sedikitnya 21 orang, termasuk dua anak.

Sementara pesan Rusia dapat tumpul dan menghancurkan, sinyal Ukraina di bawah Zelenskyy telah berfokus setiap hari pada upaya untuk memperkuat kekejaman Moskow ke dunia yang hari demi hari berisiko menjadi lelah dengan perang.

Jika minat memudar, dukungan bersama yang terlihat di KTT global juga bisa memudar, dan dengan itu urgensi untuk memberikan senjata berat yang didambakan Ukraina. Zelenskyy cenderung memasangkan permohonan untuk bantuan lebih lanjut dengan pengingat bahwa seluruh Eropa pada akhirnya dipertaruhkan.

Dia menggambarkan serangan mal sebagai "salah satu serangan teroris paling berani dalam sejarah Eropa."

Untuk semua penderitaan Ukraina yang tak terbantahkan, itu adalah pernyataan berani dari beberapa hiperbola dalam konteks serangan ekstremis dengan kematian massal di Paris, Nice, Brussels, Madrid dan London pada abad ini saja.

Untuk Zelenskyy dan Ukraina, tuntutan yang mendasarinya tidak dapat ditegaskan kembali: menyediakan lebih banyak senjata berat, dan lebih cepat, sebelum Rusia mungkin memperoleh keuntungan yang tidak dapat diubah di kawasan industri timur Donbas, di mana pertempuran jalanan terus berlangsung.

Dalam pidato publik malamnya, Zelenskyy juga memastikan untuk menangkap korban traumatis dalam kehidupan sehari-hari di Ukraina, menarik jauh melampaui para pemimpin global ke dunia yang lebih luas.

Pekan ini, dia menuduh Rusia menyabotase “upaya orang-orang untuk menjalani kehidupan normal.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home