Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:44 WIB | Minggu, 21 Februari 2021

Serangan Udara Rusia Bunuh 21 Ekstremis ISIS di Suriah

Sebuah pemandangan yang menunjukkan pos perbatasan Irak di sepanjang perbatasan dengan Suriah-Irak pada 18 Januari 2021.(Foto: dok. Reuters)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM-Gelombang serangan udara oleh pasukan Rusia menewaskan sedikitnya 21 ekstremis ISIS di gurun Suriah selama 24 jam terakhir, kata kelompok monitor pada hari Sabtu (20/2).

Sebanyak 21 orang tewas dalam setidaknya 130 serangan udara "yang dilakukan selama 24 jam terakhir oleh angkatan udara Rusia yang menargetkan kelompok Negara Islam (atau ISIS) di daerah pinggiran di Provinsi Aleppo, Hama dan Raqqa," di Suriah, menurut laporan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Serangan yang berlanjut hingga Sabtu, menyusul serangkaian serangan oleh ISIS pada hari Jumat (19/2) terhadap pasukan pro pemerintah Suriah dan pasukan sekutunya yang menewaskan sedikitnya delapan anggota milisi pro Damaskus, kata pemantau yang berbasis di Inggris.

Dalam beberapa bulan terakhir, gurun yang luas, yang dalam bahasa Arab dikenal sebagai “Badia”, telah menjadi tempat pertempuran yang semakin sering terjadi antara ekstremis dan pasukan pemerintah yang didukung oleh kekuatan udara Rusia.

ISIS menguasai sebagian besar Suriah dan Irak dan memproklamasikan "kekhalifahan" lintas batas pada tahun 2014, sebelum berbagai serangan di kedua negara tersebut menyebabkan kekalahan teritorialnya.

Para ekstremis terus melancarkan serangan, kebanyakan di gurun Badia yang membentang dari pusat Provinsi Homs hingga perbatasan dengan Irak.

Lebih dari 1.300 tentara pemerintah telah tewas dalam bentrokan ini, serta 145 anggota milisi pro Iran, dan lebih dari 750 ekstremis ISIS, menurut Observatorium itu.

Sejak perang saudara Suriah meletus pada tahun 2011, lebih dari 387.000 orang telah tewas dan jutaan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka menjadi pengungsi di dalam negeri maupun di Negara lain. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home