Loading...
HAM
Penulis: Bob H. Simbolon 16:07 WIB | Kamis, 13 Oktober 2016

Setara: Jokowi Jangan Takut Dialog dengan Papua

Wakil Ketua Setara Insitute Bonar Tigor Naispospos (kanan) memberi pendapat terkait masalah Papua yang sampai saat ini belum terselesaikan terutama kekerasan yang terjadi di sana. (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Wakil Ketua Setara Institute, Bonar Tigor Naipospos, meminta Presiden Joko Widodo tidak takut melakukan dialog dalam menyelesaikan konflik di Papua.

 "Persoalaan Papua saat ini menjadi bom waktu karena hingga saat ini niat pemerintah untuk melakukan dialog tidak ada karena Presiden Jokowi masih percaya dengan pembangunan infrastruktur konflik di Papua tidak ada lagi. Padahal  hal itu terjadi," kata dia pada saat diskusi yang digelar Setara Institute, di Jakarta pada hari Kamis (13/10).

Menurut dia, dialog antara pemerintah pusat dengan masyarakat papua harus dilakukan karena dialog-dialog sebelumnya berhasil.

"Saya melihat persoalaan yang terjadi seperti di Timor-Timur dan  di Maluku dilakukan dengan dialog sehingga dalam menyelesaikan permasalahan di Papua harus dengan dialog," kata dia 

Dia mengatakan pembukaan akses infrastruktur di Papua hanya menguntungkan para investor dan  masyarakat pendatang sehingga membuat masyarakat di Papua termarginalkan 

"Intinya penyelesaian Papua harus dialog dan tidak mempersoalkan siapa pun yang diutus," kata dia.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home