Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:47 WIB | Jumat, 07 Oktober 2016

Siapa Peraih Nobel Perdamaian 2016?

Syria's White Helmets. (Foto: bbc.com)

OSLO, SATUHARAPAN.COM - Peraih Penghargaan Nobel Perdamaian 2016 (2016 Nobel Peace Prize) beberapa jam lagi akan diumumkan di Oslo, ibu kota Norwegia.

Kantor berita BBC hari Jumat (7/9) menjelaskan bahwa pemenang penghargaan bergengsi tersebut dipilih dari 376 kandidat dari seluruh dunia yang dikumpulkan sejak 1 Februari. Sebanyak 228 kandidat merupakan individu dan 148 adalah organisasi.

Namun, siapa saja kandidat peraih Nobel Perdamaian sangat dirahasiaan.

Meskipun ditutup rapat, tetapi beberapa kalangan memperkirakan beberapa nominator potensial peraihnya. Untuk tahun 2016 ini salah satu yang paling diunggulkan adalah Syria's White Helmets dan negosiator kesepakatan nuklir Iran.

Syria's White Helmets (Helm Putih Suriah) adalah organisasi relawan yang mengevakuasi dan menolong korban dari bangunan hancur akibat bom di Suriah yang dilanda perang, sepertinya menjadi favorit masyarakat dunia. Sebuah petisi mendukung mereka supaya dipilih menjadi pemenangnya sudah ditanda tangani lebih dari 304.000 orang.

Tapi biasanya panitia memilih pemenangnya diluar perkiraan masyarakat. Panitia Nobel terdiri dari lima orang yang dipilih oleh Parlemen Norwegia.

Sebelumnya Penghargaan Nobel Perdamaian 2015 diberikan pada Tunisian National Dialogue Quartet (Kuartet Dialog Nasional Tunisia), sebuah kelompok yang mendorong transisi negara mereka menuju ke demokrasi, bukannya Angela Merkel, yang secara luas dianggap berjasa menangani pengungsi.

Setelah nanti pemenang diumumkan, upacara penyerahan penghargaan akan dilakukan pada tanggal 10 Desember, bertepatan dengan tanggal meninggalnya Alfred Nobel, ilmuwan penemu dinamit yang lahir pada 21 Oktober 1833, di Stockhomlm, Swedia. (bbc.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home