Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:23 WIB | Rabu, 23 November 2022

Siapa PM Malaysia: Anwar Ibrahim atau Muhyiddin Yassin?

Siapa PM Malaysia: Anwar Ibrahim atau Muhyiddin Yassin?
Pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim, memberi isyarat saat meninggalkan kantornya di Petaling Jaya, Malaysia, pada 22 November 2022. (Foto: Reuters)
Siapa PM Malaysia: Anwar Ibrahim atau Muhyiddin Yassin?
Mantan Perdana Menteri Malaysia dan Ketua Perikatan Nasional, Muhyiddin Yassin, melambai saat dia pergi setelah pemilihan umum ke-15 Malaysia di Shah Alam, Malaysia, pada 22 November 2022. (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM-Raja Malaysia, Al-Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah, menjadi sorotan saat dia mempertimbangkan pilihannya tentang siapa yang akan menjadi perdana menteri berikutnya, setelah pemilihan tidak menghasilkan partai dengan mayoritas di parlemen dan pembicaraan koalisi gagal.

Al-Sultan Abdullah pada hari Selasa (22/11) mengatakan dia akan "segera" memutuskan antara pemimpin oposisi Anwar Ibrahim dan mantan perdana menteri Muhyiddin Yassin setelah tidak ada politisi yang dapat memperoleh dukungan yang cukup untuk membentuk koalisi setelah pemilihan hari Sabtu (19/11).

Ini akan menjadi ketiga kalinya raja memilih perdana menteri hanya dalam waktu dua tahun, meskipun ini pertama kalinya terjadi setelah pemilihan.

Siapakah Raja Malaysia?

Raja Al-Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah naik tahta pada tahun 2019 pada usia 59 tahun, menjadi raja Malaysia ke-16 sejak memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1957.

Malaysia memiliki monarki konstitusional yang unik di mana raja dipilih secara bergiliran dari keluarga kerajaan sembilan negara bagian, dan masing-masing memerintah selama lima tahun.

Al-Sultan Abdullah yang berambut perak dan berkacamata menjadi raja setelah raja sebelumnya turun tahta secara mengejutkan.

Penguasa negara bagian Pahang di pesisir timur Malaysia, Raja Al-Sultan Abdullah meraih popularitas karena citranya yang membumi di awal pemerintahannya setelah terlihat mengantri di Kentucky Fried Chicken dan membantu korban kecelakaan di sebuah jalan raya.

Al-Sultan Abdullah adalah olahragawan yang rajin, pernah mewakili negaranya dalam pertandingan sepak bola di masa mudanya. Dia telah menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif FIFA dan sebagai presiden Federasi Hoki Asia.

Apakah PM Baru Akan Jadi Pilihan Raja?

Tidak. Pemilu biasanya menentukan siapa yang akan menjadi perdana menteri di Malaysia di bawah sistem parlementer.

Tetapi konstitusi memberinya kekuatan untuk menunjuk seorang perdana menteri yang dia yakini dapat memimpin mayoritas di antara anggota parlemen.

Raja Malaysia jarang menggunakan kekuasaan itu, tetapi ketidakstabilan politik dalam dua tahun terakhir telah mendorong raja untuk memilih seorang perdana menteri.

Monarki telah memainkan peran yang lebih berpengaruh sejak tahun 2020 di tengah penurunan aliansi Barisan Nasional yang pernah dominan dan partai utamanya, Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO).

Barisan telah memimpin setiap pemerintahan sejak kemerdekaan dari penjajahan Inggris pada tahun 1957 hingga kekalahan pemilihannya pada tahun 2018. Barisan terpilih setelah skandal miliaran dolar di dana negara 1MDB.

Apakah Pernah Terjadi Sebelumnya?

Ya. Raja Al-Sultan Abdullah telah menunjuk dua perdana menteri sebelumnya, meski ini pertama kalinya terjadi setelah pemilu gagal menghasilkan pemenang yang jelas.

Raja menunjuk Muhyiddin sebagai perdana menteri pada Februari 2020 ketika perdana menteri saat itu Mahathir Mohamad mengundurkan diri karena pertikaian koalisi.

Al-Sultan Abdullah mengambil langkah yang tidak biasa dengan bertemu dengan 222 anggota parlemen negara itu setelah pengunduran diri Mahathir untuk menentukan siapa yang memiliki mayoritas untuk membentuk pemerintahan baru, akhirnya memilih mantan sekutu Mahathir, Muhyiddin Yassin.

Kurang dari setahun kemudian, setelah koalisi Muhyiddin sendiri bubar, raja meminta anggota parlemen untuk menyerahkan surat masing-masing tentang siapa yang mereka dukung sebagai PM dan memutuskan untuk menunjuk perdana menteri berikutnya, Ismail Sabri Yaakob, yang berkuasa hingga pemilihan baru-baru ini.

Apa Yang Akan Terjadi Selanjutnya?

Raja bertemu dengan Anwar dan Muhyiddin pada hari Selasa (22/11).

Muhyiddin mengatakan raja telah menyarankan agar dia dan Anwar membentuk "pemerintahan persatuan" bersama tetapi dia tidak setuju.

Raja telah memanggil 30 anggota parlemen dari aliansi Barisan Nasional untuk pertemuan pada hari Rabu (23/11) untuk menentukan siapa yang akan menjadi perdana menteri.

Barisan membukukan kinerja pemilihan terburuknya pada hari Sabtu tetapi memainkan peran penting dalam pembentukan pemerintah karena dukungannya diperlukan baik oleh Anwar maupun Muhyiddin untuk meraih mayoritas.

Siapa pun yang pada akhirnya diangkat sebagai perdana menteri kemungkinan besar akan menghadapi lebih banyak pergolakan politik seperti yang melanda negara itu dalam beberapa tahun terakhir. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home