Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:08 WIB | Kamis, 17 September 2015

Sidang OCA Putuskan Hangzhou Penyelenggara AG 2022

Ilustrasi: Peluncuran logo Asian Games 2018 saat puncak peringatan Hari Olah Raga Nasional ke-32 beberapa waktu lalu. (Foto: kemenpora.go.id)

ASGHABAT, SATUHARAPAN.COM – Sidang Majelis Umum Dewan Olimpiade Asia (OCA) menetapkan Kota Hangzhou di Tiongkok   sebagai tuan rumah Asian Games (AG) 2022.

Dalam sidang yang berakhir, Rabu (16/9) di Ashgabat, Turkmenistan tersebut memilih Ibu kota provinsi Zhejiang adalah calon tunggal kota penyelenggara ajang multi olah raga negara-negara di Asia empat tahunan itu.

 

Tiongkok sudah dua kali menjadi tuan rumah Asian Games, masing-masing Beijing pada 1990 dan Guangzhou pada 2010. Pada 2022 pula Tiongkok akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin.

Diadakan setiap empat tahun, Asian Games terdekat akan diadakan di Jakarta pada 2018.

OCA sebetulnya ingin memindahkan tahun penyelenggaraan Asian Games ke tahun ganjil untuk menghindari bentrok dengan Olimpiade Musim Dingin dan Piala Dunia FIFA, namun kembali ke agenda biasa setelah Hanoi, Vietnam, menarik diri menjadi tuan rumah edisi 2019.

Jakarta lalu mengajukan diri sebagai pengganti Hanoi dengan dimajukan lebih awal pada 2018 karena pada 2019 Indonesia akan menggelar Pemilu.

Dalam sidang, Presiden Komite Olimpiade Asia (OCA) Syeikh Ahmad Al Fahad Al Sabah mengaku sangat puas dengan keseriusan dan kesiapan Indonesia untuk menyelenggarakan ajang multi olah raga

"Perencanaan, pengerjaan renovasi, dan pembangunan venue harus tetap dilakukan sematang mungkin. Kami percaya pemerintah Indonesia dapat melakukannya dengan baik," kata Syeikh Ahmad.  

Ahmad menginginkan Indonesia menyiapkan teknologi informasi dan penyiaran secara maksimal, dan teknologi harus dipersiapkan dalam rangka pelaksanaan Asian Games yang maksimal dan dapat dipublikasikan.  (Ant/Reuters).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home