Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 04:33 WIB | Kamis, 23 September 2021

Sidang PBB: Isu Utama Rasisme, COVID-19 dan Perubahan Iklim

Presiden Bulgaria, Rumen Radev, terlihat di layar video saat ia berpidato di Sesi ke-76 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa dari jarak jauh, Selasa, 21 September 2021 di markas besar PBB. (Foto: Spencer Platt/pool via AP)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Rasisme, krisis iklim, dan perpecahan dunia yang semakin memburuk akan menjadi pusat perhatian di Perserikatan Bangsa-Bangsa pada hari Rabu (22/9), sehari setelah Sekjen PBB mengeluarkan peringatan suram bahwa "kita berada di tepi jurang".

Untuk pertama kalinya sejak pandemi COVID-19 dimulai, lebih dari dua lusin pemimpin dunia muncul secara langsung di Majelis Umum PBB pada hari pembukaan pertemuan tingkat tinggi tahunan mereka. Suasananya muram, marah dan mengerikan.

Presiden China, Xi Jinping, memperingatkan bahwa “dunia telah memasuki periode turbulensi dan transformasi baru.” Presiden Finlandia, Sauli Niinistö, mengatakan: "Kami memang berada pada titik kritis." Dan Presiden Kosta Rika, Carlos Alvarado Quesada, menyatakan: “Masa depan mengangkat suaranya kepada kita: Lebih sedikit persenjataan militer, lebih banyak investasi dalam perdamaian!”

Pembicara demi pembicara pada pembukaan pertemuan hampir sepekan pada hari Selasa (21/9) mengecam ketidaksetaraan dan perpecahan mendalam yang telah mencegah tindakan global bersatu untuk mengakhiri pandemi COVID-19, yang telah merenggut hampir 4,6 juta jiwa dan masih berkecamuk, dan kegagalan mengatasi krisis iklim yang mengancam planet ini.

Isu Rasisme

COVID-19 dan iklim dipastikan akan tetap menjadi isu utama bagi kepala negara dan pemerintahan. Tetapi agenda PBB hari Rabu pertama-tama akan menyoroti peringatan 20 tahun Konferensi Dunia PBB Menentang Rasisme yang kontroversial di Durban, Afrika Selatan, yang didominasi oleh bentrokan di Timur Tengah dan warisan perbudakan.

AS dan Israel keluar selama pertemuan atas rancangan resolusi yang memilih Israel untuk dikritik dan menyamakan Zionisme dengan rasisme, sebuah ketentuan yang akhirnya dibatalkan. Dua puluh negara memboikot peringatan hari Rabu, menurut Presiden Konferensi Organisasi Besar Yahudi Amerika, yang mendesak lebih banyak negara untuk bergabung dengan mereka “dalam terus memerangi rasisme, kefanatikan, dan anti-Semitisme.”

Setelah peringatan itu, para kepala negara akan mulai menyampaikan pidato tahunan mereka lagi di aula Majelis Umum yang luas. Pembicara termasuk Raja Abdullah II dari Yordania, Presiden Indonesia, Joko Widodo, dan Presiden Kenya, Uhuru Kenyatta.

Mungkin penilaian terberat dari krisis global saat ini datang dari Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, yang membuka pidato kenegaraannya dengan membunyikan “alarm” bahwa “dunia harus bangun.”

"Dunia kita tidak pernah lebih terancam atau lebih terpecah," katanya. “Kita menghadapi krisis terbesar dalam hidup kita.”

“Kami berada di tepi jurang, dan bergerak ke arah yang salah,” kata sekretaris jenderal memperingatkan.

Isu Pandemi COVID-19

Guterres menunjuk pada "ketidaksetaraan mencolok yang sangat besar" dalam menangani COVID-19, "lonceng alarm iklim... berdering di puncak demam," pergolakan dari Afghanistan, Ethiopia, Yaman dan di luar yang menggagalkan perdamaian, dan "gelombang ketidakpercayaan dan informasi yang salah (itu) mempolarisasi orang dan melumpuhkan masyarakat.”

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan pandemi adalah pengingat “bahwa seluruh dunia adalah bagian dari keluarga besar.”

“Tetapi tes solidaritas yang kami lakukan sangat mengecewakan kami,” katanya. “Merupakan aib bagi umat manusia bahwa nasionalisme vaksin masih dilakukan melalui metode yang berbeda,” dan negara-negara terbelakang dan segmen masyarakat yang miskin telah “benar-benar dibiarkan nasibnya dalam menghadapi pandemi.”

Mengenai krisis iklim, Erdogan mengatakan siapa pun yang paling merusak alam, atmosfer, dan air, “dan siapa pun yang secara liar mengeksploitasi sumber daya alam” harus memberikan kontribusi terbesar untuk memerangi pemanasan global.

"Tidak seperti masa lalu, kali ini tidak ada yang mampu mengatakan, 'Saya kuat jadi saya tidak akan membayar tagihannya' karena perubahan iklim akan memperlakukan umat manusia secara setara," kata pemimpin Turki itu. “Tugas kita semua adalah mengambil tindakan terhadap ancaman besar ini, dengan pembagian beban yang adil.”

Presiden Rumania, Klaus Iohannis, memang menemukan sesuatu yang positif dari krisis COVID-19.

Sementara pandemi mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan kita,” katanya, “itu juga memberi kita kesempatan untuk belajar, beradaptasi, dan melakukan sesuatu dengan lebih baik.”

Perang Dingin AS dan China?

Dua dari pidato yang paling diawasi ketat pada hari Selasa (21/9) disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dan Presiden China, Xi Jinping.

Dalam sebuah wawancara Associated Press pada hari Sabtu, Guterres memperingatkan bahwa dunia dapat terjun ke Perang Dingin yang baru dan mungkin lebih berbahaya jika China dan Amerika Serikat tidak memperbaiki hubungan mereka yang "benar-benar tidak berfungsi". “Sayangnya, hari ini kami hanya memiliki konfrontasi,” katanya.

Sekretaris Jenderal mempertahankan tema itu dalam pidatonya hari Selasa dengan mengatakan: “Saya khawatir dunia kita sedang merayap menuju dua set aturan ekonomi, perdagangan, keuangan dan teknologi yang berbeda, dua pendekatan yang berbeda dalam pengembangan kecerdasan buatan, dan pada akhirnya dua militer dan militer yang berbeda strategi geopolitik. Ini adalah resep untuk masalah.”

Biden mengatakan dalam pidatonya di PBB bahwa Amerika Serikat tidak berusaha memecah belah atau konfrontatif.

"Kita tidak mencari Perang Dingin baru atau dunia yang terbagi menjadi blok-blok kaku,” katanya. “Amerika Serikat siap bekerja dengan negara mana pun yang meningkatkan dan mengejar resolusi damai untuk tantangan bersama bahkan jika kita memiliki ketidaksepakatan yang intens di bidang lain.”

Berbicara kemudian, Xi Jinping mengatakan perselisihan di antara negara-negara “perlu ditangani melalui dialog dan kerja sama.”

“Keberhasilan satu negara tidak harus berarti kegagalan negara lain,” kata Xi. “Dunia cukup besar untuk mengakomodasi perkembangan dan kemajuan bersama semua negara.”

Secara tradisi, negara pertama yang berbicara adalah Brasil, yang presidennya, Jair Bolsonaro, menolak kritik atas penanganannya terhadap pandemi dan menggembar-gemborkan data terbaru yang menunjukkan berkurangnya deforestasi Amazon.

Dia mengatakan dia berusaha untuk melawan citra Brasil yang digambarkan di media, menggembar-gemborkannya sebagai tempat yang bagus untuk investasi dan memuji program kesejahteraan pandeminya, yang membantu menghindari resesi yang lebih buruk tahun lalu.

Bolsonaro mengatakan bahwa pemerintahnya telah berhasil mendistribusikan dosis pertama vaksin kepada mayoritas orang dewasa, tetapi tidak mendukung paspor vaksin atau memaksa siapa pun untuk melakukan suntikan. Dia telah mengatakan beberapa kali dalam sepekan terakhir bahwa dia tetap tidak divaksinasi.

“Pada November, semua orang yang memilih untuk divaksinasi di Brasil akan dilayani,” kata Bolsonaro kepada Majelis Umum.

Menteri Kesehatan Brasil, Marcelo Quiroga, yang bersama Bolsonaro, kemudian dinyatakan positif terkena virus corona dan akan tetap diisolasi di Amerika Serikat, kata pemerintah. Quiroga mendapat suntikan pertama vaksin virus corona pada bulan Januari.

Bolsonaro menderita COVID-19 tahun lalu dan telah mengatakan beberapa kali selama sepekan terakhir bahwa ia tetap tidak divaksinasi. Dia mengatakan mendapatkan suntikan adalah keputusan medis pribadi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home