Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 13:43 WIB | Sabtu, 02 Juli 2016

Sidang Pemakzulan Rouseff akan Digelar Setelah Olimpiade

Ilustrasi: Presiden Brasil, Dilma Rouseff (memegang obor Olimpiade 2016) secara simbolis di Bandara Juscelino Kubitschek, Brasilia, Brasil, pada 3 Mei lalu. (Foto: xinhuanet.com/Andre Dusek)

BRASILIA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Senat Parlemen Brasil, Renan Calheiros, mengatakan Majelis Tinggi Senat akan menggelar pemungutan suara untuk melengserkan presiden nonaktif Brasil, Dilma Rousseff, dari jabatannya, beberapa hari setelah Olimpiade 2016 yang berlangsung di Rio De Janeiro, Brasil berakhir.

Seperti diberitakan AFP, hari Jumat (1/7), Renan menjelaskan pemungutan suara akan berlangsung mulai 25 hingga 27 Agustus.  

Renan menambahkan tanggal tersebut akan memberikan jeda istrahat setelah berakhirnya Olimpiade yang akan digelar pada 5-21 Agustus.

Senat awalnya mempertimbangkan akan menggelar sidang pemakzulan pada 16 Agustus, sebelum menundanya menjadi 22 Agustus, yang juga ditolak karena terlalu berdekatan dengan Olimpiade, seiring kekhawatiran bahwa ketegangan politik akan merusak suasana.

Rousseff (68) dinonaktifkan pada 12 Mei dalam pemungutan suara Senat, yang diikuti pemungutan suara serupa di DPR. Senat kemudian harus mendapatkan mayoritas dua pertiga suara untuk melengserkan dia dari jabatannya. (Ant/AFP)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home