Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 14:04 WIB | Rabu, 06 November 2013

Sidang WCC: Berbagi Kisah Diskriminasi Minoritas Seksual

Dari kiri, Florin Buhuceanu bercakap dengan Rev Phumzile Mabizela di Sidang Raya WCC di Busan.

BUSAN, SATUHARAPAN.COM – Suatu ”ruang aman” diciptakan bagi dialog tentang seksualitas manusia yang menampilkan cerita-cerita tentang rasa sakit, pengucilan, dan kekerasan yang dihadapi oleh minoritas seksual di berbagai belahan dunia. Ruang untuk dialog disediakan dalam lokakarya pada 5 November di Sidang Raya ke-10 Dewan Gereja Dunia (WCC).

Lokakarya  yang dihadiri 150 orang ini diselenggarakan oleh organisasi antar-gereja bagi pengembangan kerjasama, ICCO Kerk di Actie di Belanda, dan I AM, organisasi Afrika Selatan yang berkarya dari perspektif berbasis agama untuk hak-hak minoritas seksual.

Tema lokakarya ini adalah terkait dalam menangani isu-isu kekerasan dan diskriminasi terhadap minoritas seksual, sesuai tema Sidang WCC yang berfokus pada doa, “Tuhan kehidupan, bimbing kami menuju keadilan dan perdamaian”.

Dimulai dengan doa dari Uskup Agung Joris Vercammen dari Gereja Katolik Lama di Belanda, lokakarya menampilkan kisah-kisah yang menyoroti kebutuhan untuk komunikasi konstruktif pada seksualitas manusia di tengah perbedaan pendapat tentang isu tersebut dalam gereja-gereja. Peserta lokakarya membahas betapa komunitas-komunitas iman dapat menjadi lingkungan inklusif bagi para minoritas seksual dapat saling berbagi pengalaman dan berkontribusi terhadap kesatuan Kristen.

Beragam refleksi ditawarkan Dr Elise Kant dari ICCO, Kim Jiun dari Korea Selatan, Pdt Dr Benebo Fubara Fubara-Manuel dari Nigeria, Florin Buhuceanu dari Rumania dan Pdt Phumzile Mabizela dari Afrika Selatan.

Presentasi mereka mendorong diskusi tentang pelebaran kesamaan antara kepemimpinan gereja dengan keyakinan bervariasi pada orientasi seksual dan penafsiran Alkitab. Dengan berhubungan pengaruh dan kekuatan iman dalam kehidupan manusia, mereka mengangkat isu homofobia, transfobia, diskriminasi, tindak kriminal dan sikap patriarki yang didorong kebencian dengan berbagi pengalaman dari latar belakang lokal, budaya dan pribadi mereka.

Itu juga menekankan bahwa masalah seksualitas manusia menjadi perhatian untuk wilayah Utara dan Selatan, terlepas dari divisi geografis.

Rev Judith Johanna Kotzedari  Inclusive and Affirming Ministries di Afrika Selatan, yang mengelola lokakarya, membuat referensi ke pernyataan misi baru WCC “Bersama Menghadapi Kehidupan: Misi dan Penginjilan dalam Lanskap yang Berubah”. Dia mengatakan bahwa itu adalah konsep “misi dari kaum marginal” yang dapat menginspirasi bagi kesadaran terhadap penderitaan para minoritas seksual.

“Sebagai minoritas seksual, kami hidup di pinggiran. Jika kami terlibat dan mendengarkan, kami dapat menunjukkan seberapa besar potensi yang dikubur di belakang pengecualian: potensial yang dapat berkontribusi pada pencarian untuk martabat manusia, keadilan dan perdamaian,” kata Kotze.

Dia membuat referensi ke pesan dari Uskup Agung Desmond Tutu, yang menyerukan “perhatian pada isu kekerasan berbasis homofobia di  Sidang ke-10 WCC” di Busan. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home