Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 00:03 WIB | Rabu, 30 Oktober 2019

Silo Gunung Resmi Berstatus Warisan Budaya Dunia UNESCO

Wali Kota Padang Mahyeldi bersama Duta Pariwisata Kota Padang meninjau Silo Gunung salah satu warisan budaya Dunia Unesco di Padang, Selasa (29/10) (Foto: Antara/Ikhwan Wahyudi)

PADANG, SATUHARAPAN.COM - Silo Gunung yang merupakan bekas gudang penampungan batu bara di Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, resmi menjadi warisan budaya dunia dari United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Peresmian status tersebut dilakukan lewat penyerahan sertifikat dari Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadjamuddin Ramly kepada Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Selasa (29/10).

Silo Gunung atau disebut juga area C Coal Storage Facility at Emmahaven Port merupakan tempat penampungan terakhir batu bara yang diangkut dari Sawahlunto dengan luas area 2,5 hektare.

Batu bara yang diangkut dengan kereta api dibongkar di Silo Gunung untuk kemudian dinaikkan ke kapal di pelabuhan Teluk Bayur.

Wali Kota Padang Mahyeldi menyampaikan penetapan Silo Gunung sebagai salah satu warisan budaya dunia akan menyempurnakan konsep wisata Padang Kota Lama.

"Ke depan daerah ini akan dilewati oleh kereta api penumpang sehingga lokasinya strategis," kata dia.

Selain itu pihaknya juga akan mengembangkan transportasi air karena letaknya juga berada di Pelabuhan Teluk Bayur.

Untuk pengembangan Silo Gunung pihaknya akan melakukan pemetaan kawasan dan identifikasi bangunan dan berharap ada nota kesepahaman dengan pemangku kepentingan terkait.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadjamuddin Ramly menyampaikan perlu dibentuk Badan Pengelola Warisan Dunia Sumatera Barat.

"Dalam membangun properti di warisan budaya dunia harus hati-hati karena itu Pemkot Padang juga harus berkoordinasi dengan tim ahli warisan dunia agar nilai-nilainya tidak hilang karena akan dievaluasi setiap tahun oleh UNESCO," ujarnya.

Ia menekankan Silo Gunung tidak boleh diubah tapi boleh diperbaiki sesuai dengan aslinya.  (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home