Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:13 WIB | Minggu, 24 Oktober 2021

Silsilah DNA Ungkap Identitas Korban Pembunuhan Setelah 37 tahun

Silsilah DNA Ungkap Identitas Korban Pembunuhan Setelah 37 tahun
Foto tak bertanggal yang dirilis oleh Departemen Keamanan Publik Negara Bagian Alaska ini menunjukkan Robin Pelkey tepat sebelum ulang tahunnya yang ke-18. (Foto: Departemen Keamanan Publik Alaska via AP)
Silsilah DNA Ungkap Identitas Korban Pembunuhan Setelah 37 tahun
Foto Oktober 1971 ini menunjukkan pembunuh berantai Alaska, Robert Hansen. (Foto: Anchorage Daily News via AP)
Silsilah DNA Ungkap Identitas Korban Pembunuhan Setelah 37 tahun
Foto 3 September 2014, pekerja dan anggota kru pemeriksa medis menggali mayat Jane Doe #3 dari pemakaman di Anchorage, Alaska. (Foto: dok. AP/Rachel D'Oro)

ALASKA, SATUHARAPAN.COM-Seorang wanita yang dikenal selama 37 tahun hanya sebagai Horseshoe Harriet, satu dari selusin atau lebih korban pembunuhan berantai Alaska yang terkenal, telah diidentifikasi melalui silsilah genetik dan kecocokan DNA (deoxyribonucleic acid), kata pihak berwenang, hari Jumat (22/10).

Korban diidentifikasi hari Jumat sebagai Robin Pelkey, yang berusia 19 tahun dan tinggal di jalanan Anchorage ketika dia dibunuh oleh Robert Hansen pada awal 1980-an, kata Unit Investigasi Kasus, Biro Investigasi Alaska.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua polisi, penyelidik, dan analis yang telah bekerja keras dalam kasus ini selama 37 tahun terakhir. Tanpa kerja keras dan keuletan mereka, identitas Nona Pelkey ​​mungkin tidak akan pernah diketahui,” kata Komisaris Departemen Keamanan Publik Alaska, James Cockrell, dalam sebuah pernyataan.

Hansen, yang memiliki toko roti, mendapat julukan “Tukang Daging” karena menculik dan memburu perempuan, banyak dari mereka pekerja seks, di hutan belantara di utara Anchorage hingga awal 1980-an, ketika kota terbesar di negara bagian itu berkembang pesat karena pembangunan pipa trans-Alaska.

Pembangunan pipa sepanjang 800 mil (hampir 1.288 kilometer) menawarkan pekerjaan dengan gaji yang baik bagi para pekerja, tetapi juga menarik mereka yang ingin menghasilkan uang dari mereka, semua orang mulai dari pekerja seks hingga pengedar narkoba. Banyak dari orang-orang yang mencari uang cepat pergi secepat mereka datang, dan penari eksotis melakukan perjalanan keliling kota-kota di Pantai Barat, membuat penghilangan mendadak menjadi hal biasa.

Pensiunan polisi Glenn Flothe, yang membantu menempatkan Hansen di balik jeruji besi, mengatakan kepada Anchorage Daily News pada tahun 2008 bahwa korban Hansen awalnya termasuk perempuan mana pun yang menarik perhatiannya, tetapi dia dengan cepat mengetahui bahwa penari telanjang dan pelacur lebih sulit dilacak dan kecil kemungkinannya untuk dilewatkan.

Film tahun 2013 berjudul "Frozen Ground," yang dibintangi Nicolas Cage dan John Cusack, mencatat penyelidikan dan penangkapan Hansen oleh polisi.

Hansen dihukum atas kematian empat perempuan, tetapi mengaku membunuh beberapa lagi, kata polisi. Pada satu titik, dia terbang dengan penyelidik di daerah utara Anchorage, di mana dia menunjukkan di mana 17 korbannya dimakamkan.

Pada tahun 1984, Alaska State Troopers kembali ke daerah itu, di mana sisa-sisa delapan perempuan ditemukan. Secara total, 12 mayat telah ditemukan, dan 11 di antara mereka telah diidentifikasi, kata juru bicara polisi, Austin McDaniel.

Satu-satunya orang yang belum diidentifikasi hanya dikenal sebagai Eklutna Annie, yang diyakini sebagai korban pertama Hansen, kata McDaniel. Mayatnya ditemukan di dekat Danau Eklutna di utara Anchorage.

Upaya silsilah genetik sedang dilakukan dengan harapan juga mengidentifikasi dia, kata Randy McPherron, penyelidik kasus Alaska State Troopers. “Kami benar-benar berharap agar kami tahu, mencari tahu siapa Eklutna Annie itu,” katanya, seraya menambahkan jangka waktu bisa memakan waktu hingga satu tahun.

Di antara sisa-sisa kerangka yang ditemukan pada tahun 1984, Pelsky ditemukan tergeletak di tanah dekat Danau Horseshoe, dekat Sungai Little Susitna hanya beberapa mil barat laut Anchorage, kata polisi.

Tidak ada identitas pada tubuh yang kemudian dikenal sebagai Horseshoe Harriet. Hansen mengatakan kepada penyelidik bahwa dia adalah seorang pekerja seks yang dia culik dari pusat kota Anchorage sekitar musim dingin tahun 1983. Dia mengatakan kepada penyelidik bahwa dia menerbangkannya ke danau dengan pesawat kecilnya, membunuhnya dan membuang mayatnya. Dia tidak tahu namanya atau banyak hal lain tentang dia.

Otopsi mengkonfirmasi bahwa mayat itu adalah seorang perempuan kulit putih berusia antara 17 dan 23 tahun. Tidak ada laporan orang hilang yang cocok, dan dia dimakamkan di pemakaman kota Anchorage sebagai orang yang tidak diketahui.

Kasus ini dibuka kembali pada tahun 2014, tahun yang sama ketika Hansen meninggal di penjara pada usia 75 tahun. Mayatnya digali, dan sampel dikirim untuk membuat profil DNA, yang ditambahkan ke database orang hilang nasional FBI. Itu tidak memberikan identifikasi.

Pada September 2020, para penyelidik melakukan upaya lain untuk mengidentifikasi sisa-sisa menggunakan silsilah genetik.

Sampel tulang dikirim ke laboratorium swasta dan DNA tambahan diekstraksi dan dikirim untuk Whole Genome Sequencing, kata polisi. Data ini kemudian dikirim ke laboratorium lain, di mana profil DNA dibuat dan diunggah ke database silsilah akses publik pada bulan April.

Polisi mengatakan beberapa kecocokan dekat ditemukan dan digunakan untuk membuat silsilah keluarga bagi korban. Penelitian menunjukkan bahwa korbannya mungkin seorang peremuan bernama Robin Pelkey, yang lahir di Colorado pada tahun 1963, kata polisi.

Polisi melacaknya untuk tinggal di Anchorage pada awal 1980-an, tetapi tidak ada catatan yang menunjukkan bahwa dia masih hidup setelah tahun 1984.

Akhirnya kerabat dekat berada di Arkansas dan Alaska. Anggota keluarga mengatakan kepada polisi bahwa Pelkey ​​tinggal di Anchorage pada akhir 1970-an, tetapi pindah ke Arkansas saat remaja sebelum kembali ke Alaska pada 1981 untuk tinggal di sana dengan ayah dan ibu tirinya.

Polisi mengatakan dia akhirnya tinggal di jalanan Anchorage tetapi menghilang pada akhir 1982 atau awal 1983.

Kerabat mengatakan kepada polisi bahwa mereka tidak tahu pasti mengapa orang tua Pelkey, yang sekarang sudah meninggal, tidak melaporkannya hilang.

Sebuah kecocokan DNA dengan kerabat dekat di Arkansas mengkonfirmasi identitas Pelkey dan keluarganya diberitahu pada bulan September. Melalui polisi, anggota keluarga mengaku tidak mau dihubungi media.

"Jelas, saya sangat senang akhirnya mengetahui siapa dia dan memberi keluarganya beberapa penutupan," kata McPherron. “Silsilah genetik telah menjadi lompatan besar dalam memecahkan pembunuhan yang belum terpecahkan tetapi juga dalam mengidentifikasi orang, jadi ini sangat memuaskan untuk melihat akhirnya bersatu seperti ini.”

Petugas telah membeli penanda kuburan baru untuk Pelkey, kata McDaniel. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home