Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:04 WIB | Rabu, 12 April 2017

Sinabung Kembali Meletus

Sejumlah siswa bermain di halaman sekolah dengan latar belakang Gunung Sinabung yang mengeluarkan material vulkanik, di desa Ndokum Siroga, Karo, Sumatera Utara, Selasa (11/4). Gunung Sinabung berstatus Awas (level IV) sejak beberapa pekan terakhir, ditandai dengan erupsi dan luncuran awan panas yang semakin meningkat. (Foto: Antara)

KARO, SATUHARAPAN.COM - Gunung Sinabung di Sumatera memuntahkan asap panas dan abu ke udara pada Rabu (12/4), dalam sebuah letusan terbaru.

Gunung Sinabung sudah meletus berkali-kali dalam beberapa hari terakhir, mengeluarkan awan gas panas hingga tiga kilometer ke udara, kata badan bencana setempat.

Awan asap tersebut menyelimuti langit di atas sebuah sekolah di Provinsi Sumatera Utara, tetapi anak-anak terus bermain di luar ruangan dalam bayang-bayang gunung berapi itu.

Pemerintah setempat bersikeras sekolah itu aman karena berada di luar area batas tujuh kilometer di sekitar gunung berapi itu, yang hampir terus menerus meletus sejak 2013.

Para penduduk desa juga terus melakukan kegiatan mereka meski adanya letusan itu, sambil mengenakan masker untuk berbelanja ketika abu jatuh dari langit, dan merawat tanaman mereka.

Lebih dari 2.000 keluarga sudah dievakuasi dari sekitar gunung berapi tersebut dalam beberapa tahun terakhir, dan banyak yang akan segera dipindahkan ke desa-desa baru setelah lama tinggal di tempat penampungan sementara. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home