Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:26 WIB | Kamis, 09 April 2015

Singapura Siap 80 Persen Selenggarakan SEA Games 2015

Singapura. (Foto: frontroll.com).

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM – Dengan  hanya lebih dari 50 hari sebelum pembukaan SEA Games pada  5 Juni 2015 mendatang, tuan rumah Singapura menyatakan kesiapnnya 70 hingga 80 persen siap untuk menggelar acara multi-olahraga terbesar di kawasan itu,

“Saat ini kami masih menggelar persiapan berbagai tempat hingga pertengahan April  kemungkinan persiapan mendekati  95 persen menjadi 100 persen," kata Lim Teck Yin, Ketua Komite Organisasi SEA Games Singapura (SINGSOC) pada pembukaan resmi SINGSOC Logistics Centre, Singapore City,  Rabu (8/4) seperti tertuang di channelnewsasia.com.

Lim  mengungkapkan bahwa mereka akan  mengambil alih pengelolaan 31 arena pertandingan yang terletak di Kallang, Marina Bay dan daerah Singapore Expo, dari pertengahan bulan ini, sebagai penyelenggara bersiap untuk kedatangan lebih dari  7.000 atlet dan ofisial dari 11 negara Asia Tenggara yang akan berlangsung (5/6) sampai dengan (16/6) di Singapura .

"Tempat-tempat yang berbeda akan memiliki jadwal yang berbeda,” kata Lim.  

Sejumlah uji coba telah diadakan SINGSOC menjelang berlangsungnya perhelatan akbar Asia Tenggara ini, termasuk akhir pekan lalu pada ajang 77 Singapore Open Track and Field Championships di Stadion Nasional dan Kejuaraan Pencak Silat Asia Tenggara yang kelima, di Toa Payoh Sports Hall, Singapura serta minggu ini panitia juga masih mensurvei kejuaraan bulu tangkis OUE Singapore Open di Singapore Indoor Stadium.

“Ajang olahraga tersebut menjadi  pelajaran dan evaluasi bagi kita, dari pelatihan relawan untuk persiapan peralatan untuk kebutuhan untuk mempersiapkan kontinjensi, apakah mereka butuh  peralatan atau proses kontinjensi dan sebagainya,” Lim menambahkan.

SINGSOC akan membantu dengan tugas raksasa pengorganisasian, koordinasi dan operasi Games, setelah adanya kesepakatan dan kesepahaman (MoU) dengan  perusahaan logistik Singapura, CWT Limited sebagai penyedia layanan logistik untuk acara tersebut.

Kemitraan ini juga melibatkan pengaturan dari SINGSOC Logistik Pusat di kantor pusat CWT di Tanjong Penjuru. Fasilitas ini telah beroperasi sejak Januari dan akan digunakan sebagai kunci pergudangan dan dukungan logistik tempat untuk Olimpiade. SINGSOC Logistics Centre akan menangani: 53.000 kg angkutan udara, 1.350 meter kubik angkutan laut, 31.000 paket makanan ringan, 2 juta liter minuman, 3.000 laptop dan perangkat, 1,642 ton peralatan olahraga, perlengkapan, dan bahan pembantu.

Selain menangani pendingin udara,  angkutan laut dan penyimpanan peralatan olahraga, pabrik peralatan juga akan digunakan untuk mengkonfigurasi dan menguji sekitar 3.000 laptop dan perangkat elektronik sebelum mereka didistribusikan ke tempat-tempat pertandingan.

CWT juga akan menyediakan sumber daya logistik dan dukungan operasi di semua tempat kompetisi dan pelatihan, menangani peralatan dan barang-barang olahraga atlet pada kedatangan dan keberangkatan, serta mendistribusikan seragam untuk sekitar 17.000 relawan di pusat distribusi dan akreditasi.

Sekitar 400 staf penuh  dan paruh waktu , mitra dan kontraktor akan digunakan oleh CWT untuk Olimpiade.  

Chief Executive Officer CEO, CWT Ishak Ismail, mengatakan: "Untuk CWT, menjadi perusahaan logistik di negara sendiri  adalah momen yang sangat istimewa bagi kita untuk bekerja dalam kemitraan dengan SINGSOC pada acara nasional yang besar. Ini menjadi perayaan SEA Games ke-50,  adalah sebuah kehormatan spesial,” kata Ishak.

Bekerja pada acara multi-olahraga seperti SEA Games bukanlah pengalaman baru bagi Ishak, yang adalah ketua pembukaan dan penutupan upacara pengukuhan Youth Olympic Games yang diadakan di Singapura pada  2010.

"Kompleksitas operasi adalah sama, karena Anda masih harus berurusan dengan berbagai pemangku kepentingan, berbagai jenis operasi dalam jadwal yang ketat,” dia menambahkan. (channelnewsasia.com/seagames2015.com). 

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home