Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:55 WIB | Kamis, 28 Mei 2015

Siput Laut Warna-warni Salah Satu Spesies Baru Tahun 2015

Siput laut Phyllodesmium acanthorhinum adalah missing link antara siput laut yang memakan koloni jeli, berasal dari pulau-pulau di Jepang. (Foto: voaindonesia.com)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - International Institute for Species Exploration (IISE) menyusun daftar 10 Spesies Teratas setiap tahun. Daftar tersebut disusun untuk menarik perhatian terhadap penemuan-penemuan spesies baru, walaupun spesies-spesies tersebut ada yang punah lebih cepat daripada sebelum diidentifikasi.

Dari 18.000 spesies baru yang ditemukan tahun lalu, sebuah komite ahli taksonomi memilih beberapa untuk dimasukkan ke dalam daftar 2015.

Daftar tersebut, termasuk dinosaurus yang mirip burung, diberi nama “ayam dari neraka,” yang panjangnya 3,5 meter mulai dari paruh ke ekor dan beratnya mencapai 300 kilogram. Spesies lain adalah seekor laba-laba yang hidup di gurun Maroko dan bisa menggunakan kemampuan senamnya untuk meloloskan diri dari bahaya. Serangga sepanjang 23 cm yang banyak ditemukan di Vietnam dan siput laut warna-warni dari kepulauan Jepang yang merupakan mata rantai yang hilang antara siput yang memakan koloni jeli sengat mungil dan siput yang khusus berada di koral, juga masuk dalam daftar.

Para ilmuwan yakin 10 juta spesies masih menunggu untuk ditemukan, lima kali lipat lebih banyak dari spesies yang telah ditemukan.

Direktur pendiri IISE Quentin Wheeler mengatakan daftar 10 Spesies Teratas itu adalah “pengingat bahwa masih ada keajaiban yang menanti kita.” (voaindonesia.com)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home