Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:14 WIB | Kamis, 08 Juli 2021

Situasi COVID-19 Dunia: Korban Meninggal Lebih dari Empat Juta

Situasi COVID-19 Dunia: Korban Meninggal Lebih dari Empat Juta
Foto 2 Juli 2021 ini, seorang perempuan menangis saat berdoa sebelum kremasi kerabat yang meninggal karena COVID-19 di Guahati, negara bagian Assam, India. (Foto: dok. AP/Anupam Nath)
Situasi COVID-19 Dunia: Korban Meninggal Lebih dari Empat Juta
Foto 13 Mei 2021, Heather Haworth, kiri, memegang tangan putranya yang berusia 12 tahun, Jeremy, saat ia menerima dosis pertama vaksin Pfizer COVID-19 dari asisten medis Gloria Urgell di Providence Edwards Situs vaksinasi Lifesciences di Santa Ana, California, AS. (Foto: AP/Jae C. Hong)
Situasi COVID-19 Dunia: Korban Meninggal Lebih dari Empat Juta
Foto 18 Juni 2021 ini, pekerja pemakaman membawa peti mati Irodina Pinto Ribeiro, 89 tahun, yang meninggal karena komplikasi terkait COVID-19, di pemakaman Inhauma di Rio de Janeiro, Brasil. (Foto: AP/Bruna Prado)

SATUHARAPAN.COM-Jumlah kematian secara global akibat COVID-19 telah melampaui empat juta orang pada hari Rabu (7/7) karena krisis semakin luas, dan negara-negara berpacu antara peningkatan kasus COVID yang didorong varian delta dengan vaksinasi bagi warga.

Penghitungan nyawa yang hilang selama satu setengah tahun terakhir, sebagaimana dikompilasi dari sumber resmi oleh Universitas Johns Hopkins, kira-kira sama dengan jumlah orang yang tewas dalam pertempuran di semua perang di dunia sejak 1982, menurut perkiraan dari Peace Research Institut, Oslo.

Korbannya tiga kali lipat jumlah orang yang tewas dalam kecelakaan lalu lintas di seluruh dunia setiap tahun. Ini hampir sama dengan populasi Los Angeles atau negara Georgia. Ini setara dengan lebih dari setengah warga Hong Kong atau hampir 50% dari penduduk Kota New York.

Meski begitu, secara luas diyakini sebagai undercount karena ada banyak kasus yang diabaikan atau penyembunyian yang disengaja.

Dengan munculnya vaksin, kematian per hari telah anjlok menjadi sekitar 7.900 orang, setelah mencapai lebih dari 18.000 per hari pada bulan Januari.

Tetapi dalam beberapa pekan terakhir, versi mutan delta dari virus corona yang pertama kali diidentifikasi di India telah memicu alarm di seluruh dunia, menyebar dengan cepat bahkan di tengah  kisah sukses vaksinasi seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Israel.

Inggris, pada kenyataannya, mencatat total satu hari pekan  ini lebih dari 30.000 infeksi baru untuk pertama kalinya sejak Januari, bahkan ketika pemerintah bersiap untuk mencabut semua pembatasan penguncian yang tersisa di Inggris akhir bulan ini.

Negara-negara lain telah menerapkan kembali langkah-langkah pencegahan, dan pihak berwenang bergegas meningkatkan kampanye vaksinasi.

Pada saat yang sama, bencana telah memperlihatkan kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin, dengan upaya vaksinasi yang hampir tidak dimulai di Afrika dan sudut-sudut dunia yang sangat miskin lainnya karena sangat kekurangan suntikan.

AS dan negara-negara kaya lainnya telah sepakat untuk berbagi setidaknya satu miliar dosis vaksin dengan negara-negara yang sedang berjuang.

AS memiliki angka kematian tertinggi yang dilaporkan di dunia, lebih dari 600.000, atau hampir satu dari tujuh kematian, diikuti oleh Brasil lebih dari 520.000, meskipun jumlah sebenarnya diyakini jauh lebih tinggi di Brasil, di mana pemerintahan sayap kanan Presiden Jair Bolsonaro telah lama meremehkan virus.

Varian baru, akses yang tidak merata ke vaksin, dan pelonggaran tindakan pencegahan di negara-negara kaya adalah “kombinasi racun yang sangat berbahaya,” kata Ann Lindstrand memperingatkan, seorang pejabat tinggi imunisasi di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Alih-alih memperlakukan krisis sebagai masalah "saya, dan-saya, dan negara saya", dia berkata, "kita harus serius bahwa ini adalah masalah dunia yang membutuhkan solusi dunia." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home