Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 00:17 WIB | Rabu, 29 Januari 2020

Sosialisasi Tema ArtJog 2020 “Time (to) Wonder"

Jumpa media sosialisasi tema Artjog 2020 “Arts in common: Time (to) Wonder " di Pendapa Ajiyasa-JNM, Selasa (28/1). (Foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Bertempat di Pendapa Ajiyasa Komplek Jogja National Museum (JNM) pada Selasa (28/2) siang digelar sosialisasi tema ArtJog 2020.

Setelah sub-tema “Common|Space” menjadi tema penyelenggaraan ArtJog tahun lalu, tahun ini ArtJog mengangkat sub-tema “Time (to) Wonder” sebagai tema penyelenggaraan yang akan dihelat di Komplek Jogja National Museum (JNM).

“Sejak tahun lalu tema besar ArtJog didesain dalam satu rangkaian (tema) untuk tiga tahun. Tahun lalu ArtJog mengangkat tema tentang ruang sebagai pijakan untuk membicarakan berbagai hal. Tema berikutnya yang akan dihelat tahun ini adalah tentang waktu, sementara untuk tahun depan mengangkat tema tentang kesadaran. Ini (ruang-waktu-kesadaran) adalah sebuah proses yang konvergen,” papar salah satu kurator ArtJog Agung Hujatnika saat acara sosialisasi tema ArtJog 2020, Selasa (28/2).

Sejak akhir 2018, ArtJog Arts in Common telah mematok tiga kata kunci untuk rangkaian penyelenggarannya selama tiga tahun, yakni ‘ruang’, ‘waktu’ dan ‘kesadaran’. Dengan satu rangkaian tema Arts in Common, ArtJog merancang fokus kuratorialnya sedemikian rupa sehingga ketiganya saling melengkapi dan menegaskan: sebuah tema yang diusung oleh satu edisi pameran ditempatkan saling berhubungan dengan dua lainnya. Hanya dengan cara inilah, agenda Arts in Common (2019-2021) dapat termanifestasikan secara koheren sebagai sebuah seri pameran. 

Tema besar Arts in Common sendiri menawarkan pemahaman bahwa apa yang ditampilkan di ArtJog dalam tiga tahun adalah semacam irisan, atau kumpulan hal yang mempersatukan keragaman ekspresi seni dan kreativitas berbagai individu dari berbagai latar sosial, budaya dan bangsa. Tema besar ini selaras dengan penegasan ArtJog sebagai sebuah festival seni rupa kontemporer internasional.

Selain Agung Hujatnika, acara sosialisasi tema Art|Jog 2020 menghadirkan juga kurator lainnya Ignatia Nilu dan peneliti di bidang Filsafat Politik, Filsafat Ilmu dan Kebijaksanaan Timur Reza AA Wattimena.

ArtJog 2020 akan berlangsung pada 23 Juli hingga 30 Agustus 2020 di Kompleks Jogja National Museum Jl. Ki Amri Yahya No. 1, Gampingan-Yogyakarta dengan beberapa program yang tidak jauh berbeda dari program-program sebelumnya namun ada kebaruan dalam konten yang ditawarkan. Diantara program tersebut adalah pameran seni rupa, program leksikon, program tur kuratorial, merchandise booth, panggung pertunjukan, serta program bersama Jogja Art Weeks (JAW). Untuk program JAW bisa diakses pada laman http://www.jogjaartweeks.com.

Informasi selengkapnya mengenai Artjog 2020 dapat diakses melalui laman http://artjog.co.id serta kanal media sosial instagram @artjog.id.

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
LAI Got talent
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home