Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:52 WIB | Kamis, 02 Februari 2023

Spanyol Akan Kirim Tank Leopard ke Ukraina

Tank Leopard terlihat di pangkalan militer Munster, di Munster, Jerman, pada 7 Februari 2022. (Foto: dok. Reuters)

MADRID, SATUHARAPAN.COM - Spanyol berencana untuk mengirim antara empat dan enam tank Leopard 2A4 buatan Jerman ke Ukraina, surat kabar El Pais melaporkan pada hari Rabu (1/2), mengutip sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya.

Jumlah sebenarnya akan bergantung pada kondisi tank tempur di penyimpanan dan berapa banyak negara lain yang pada akhirnya akan memasok ke Ukraina, kata sumber tersebut kepada El Pais.

Seorang juru bicara kementerian pertahanan Spanyol tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Kiev mendapatkan janji dari Barat bulan ini untuk memasok tank tempur utama untuk membantu menangkis invasi Rusia, dengan Moskow melakukan upaya besar untuk membuat kemajuan tambahan di Ukraina timur.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan pada hari Selasa (31/1) bahwa pemerintahnya mengharapkan untuk menerima 120 hingga 140 tank Barat dari koalisi 12 negara dalam gelombang pertama.

Kuleba mengatakan tank-tank itu akan mencakup tank Leopard 2 Jerman, Challenger 2 Inggris dan tank M1 Abrams AS, dan bahwa Ukraina juga "benar-benar mengandalkan" pasokan tank Leclerc Prancis yang telah disepakati. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home