Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 17:24 WIB | Rabu, 03 Juni 2015

Spielberg Incar David Oyelowo untuk Film Martin Luther King Baru

David Oyelowo (tengah) berperan sebagai Dr Martin Luther King Jr dalam film Selma. Gagal meraih penghargaan bergengsi di bidang perfilman, namun menarik perhatian dan mendatangkan kekaguman bagi sutradara dan produser terkenal Steven Spielberg. (Foto: omaha.com)

SATUHARAPAN.COM – Sutradara dan produser film legendaris Steven Spielberg mengincar pemeran utama film Selma, aktor David Oyelowo (39), untuk film terbarunya, film tentang biografi Martin Luther King Jr yang lain.

Melalui perannya sebagai Martin Luther King Jr dalam Selma, film yang mengisahkan kampanye King Jr menuntut persamaan hak  melalui pawai bersejarah dari Selma menuju Montgomery, Alabama, 1965, Oyelowo mendapat sambutan hangat dan pujian, namun gagal mendapatkan penghargaan di ajang Academy Awards atau yang lebih dikenal dengan nama Oscar. Aktor Inggris itu bahkan tidak masuk daftar nominasi. Tetapi, seperti dilaporkan christianitydaily.com, penampilan Oyelowo membuat Spielberg terkesan dan terpesona. Dan, Spielberg langsung mengajaknya berbincang tentang proyeknya yang berikut.

Oyelowo kepada Esquire membenarkan bahwa Spielberg mendekatinya dalam acara penyerahan penghargaan bergengsi bagi insan perfilman itu.

"Steven Spielberg yang terkenal itu tertarik untuk membuat sendiri film Martin Luther King. Dia mendatangi saya dan berkata, 'David, itu salah satu hal terbaik yang pernah saya temui. Anda benar-benar mengilhami saya untuk membuat film Dr King yang lain'. Dan, ia kemudian melanjutkan, ‘Anda akan mengulang peran itu, kan? Anda akan melakukannya lagi?'" katanya.

Komentar Spielberg itu, seperti diakui aktor yang juga tampil dalam film Lincoln itu, membuatnya tersanjung. Tetapi, mengulang peran sebagai Dr Martin Luther King Jr? Dia tidak begitu yakin, walaupun kali ini bekerja sama dengan sutradara terkenal itu.

Oyelowo mengaku sangat bangga dengan segala sesuatu yang telah ia capai dengan Selma, meskipun film itu gagal meraih penghargaan di Academy Awards. Selma hanya memenangkan Best Original Song, tapi tidak untuk kategori bergengsi seperti Film Terbaik, Aktor Terbaik, dan Sutradara Terbaik. Pencapaian tertinggi selama ini hanyalah masuk nominasi Penghargaan Golden Globe, bagi Ava DuVernay untuk kategori Sutradara Terbaik dan Oyelowo untuk kategori Aktor Terbaik.

Film biografi Spielberg itu sebenarnya telah mendapatkan lampu hijau pada 2009. Film itu akan menjadi  film pertama yang mendapatkan kewenangan The King Estate dan akan memanfaatkan kekayaan intelektual dari The King Estate. Selma, pada sisi lain, tidak menggunakan sepotong pun pidato Dr Martin Luther King Jr dan hanya menggambarkankampanye melalui pawai terkenal dari Selma ke Montgomery di Alabama itu, yang memberikan kontribusi pada Hak Voting UU Tahun 1965.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home