Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:08 WIB | Rabu, 14 September 2022

Studi: 17 Juta Orang di Eropa Mengalami Long COVID-19

Virus COVID-19. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Penelitian terbaru menunjukkan setidaknya 17 juta orang di Uni Eropa mungkin telah mengalami gejala COVID-19 yang lama (long COVID) selama dua tahun pertama pandemi virus corona, dengan perempuan lebih mungkin menderita kondisi tersebut daripada pria, menurut World Health Organisasi (WHO) mengatakan hari Selasa (13/9).

Penelitian, yang dilakukan untuk WHO/Eropa, tidak jelas apakah gejala yang bertahan lama, kambuh atau muncul pertama kali setidaknya satu bulan setelah infeksi virus corona lebih sering terjadi pada orang yang divaksinasi atau tidak.

Setidaknya 17 juta orang memenuhi kriteria WHO tentang COVID-19 yang lama, dengan gejala yang berlangsung setidaknya tiga bulan pada tahun 2020 dan 2021, kata laporan itu.

“Jutaan orang di wilayah kami, yang berada di Eropa dan Asia Tengah, menderita gejala yang melemahkan selama berbulan-bulan setelah infeksi COVID-19 awal mereka,” kata Hans Henri P. Kluge, Direktur Regional WHO untuk Eropa, selama konferensi di Tel Aviv.

Pemodelan ini juga menunjukkan bahwa perempuan dua kali lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengalami COVID-19 yang lama, dan risikonya meningkat secara dramatis di antara infeksi parah yang membutuhkan rawat inap, kata laporan itu. Satu dari tiga perempuan dan satu dari lima pria cenderung mengembangkan COVID-19 yang lama, menurut laporan itu.

“Mengetahui berapa banyak orang yang terkena dampak dan untuk berapa lama penting bagi sistem kesehatan dan lembaga pemerintah untuk mengembangkan layanan rehabilitatif dan dukungan,” kata Christopher Murray, direktur Institute for Health Metrics and Evaluation, yang melakukan penelitian untuk WHO.

Penelitian, yang mewakili perkiraan dan bukan jumlah sebenarnya dari orang yang terkena dampak, mengikuti beberapa penelitian terbaru lainnya tentang konstelasi gejala jangka panjang setelah infeksi virus corona.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat terhadap para veteran yang diterbitkan di Nature Medicine pada bulan Mei memberikan bukti baru bahwa COVID-19 yang lama dapat terjadi bahkan setelah infeksi terobosan pada orang yang divaksinasi, dan bahwa orang dewasa yang lebih tua menghadapi risiko yang lebih tinggi untuk efek jangka panjang. Studi menunjukkan bahwa sekitar sepertiga yang memiliki infeksi terobosan menunjukkan tanda-tanda COVID yang lama.

Laporan terpisah dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menemukan bahwa hingga satu tahun setelah infeksi virus corona awal, satu dari empat orang dewasa berusia 65 tahun ke atas memiliki setidaknya satu potensi masalah kesehatan COVID-19 yang berkepanjangan, dibandingkan dengan satu dari lima orang dewasa yang lebih muda.

Kebanyakan orang yang memiliki COVID-19 sembuh total. Tetapi laporan WHO di Eropa pada hari Selasa memperkirakan bahwa 10% hingga 20% mengembangkan gejala jangka menengah dan panjang seperti kelelahan, sesak napas, dan disfungsi kognitif. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home