Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:43 WIB | Sabtu, 07 Agustus 2021

Studi: Perubahan Iklim Dapat Mematikan Sistem Laut yang Penting

Foto tak bertanggal milik NASA ini menunjukkan Gletser Thwaites di Antartika Barat. Perubahan iklim yang didorong oleh manusia mengancam sistem kritis saat ini yang memainkan peran kunci dalam mengangkut air yang lebih hangat dan lebih dingin ke seluruh Atlantik yang dapat berdampak mengerikan pada ekosistem kritis Bumi lainnya, termasuk lapisan es Antartika. (Foto: dok. AFP)

SATUHARAPAN.COM-Perubahan iklim yang didorong oleh perilaku manusia mengancam sistem kritis saat ini yang memainkan peran kunci dalam mengangkut air laut yang lebih hangat dan lebih dingin di seluruh Atlantik. Hal ini dapat berdampak mengerikan pada suhu dunia dan ekosistem kritis, kata sebuah studi ilmiah baru.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa Atlantic Meridional Overturning Circulation (AMOC), bagian dari Gulf Stream, mengangkut air hangat dari daerah tropis ke utara dan air dingin dari Atlantik Utara ke selatan, melambat, dan membawa lebih sedikit air hangat ke ekosistem Atlantik Utara.

Redistribusi panas secara alami ini telah lama bekerja untuk menstabilkan iklim regional dan kondisi cuaca; namun para ilmuwan telah memperingatkan bahwa sistem ini melambat.

Pada tahun 2019, sebuah laporan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menemukan sementara arus "sangat mungkin" melemah abad ini, kerusakan total mungkin tidak terjadi.

Tetapi studi baru, yang diterbitkan Kamis di jurnal Nature Climate Change dan ditulis oleh Niklas Boer, seorang peneliti di Institut Potsdam untuk Penelitian Dampak Iklim di Jerman, menunjukkan situasinya bisa jauh lebih buruk daripada yang diperkirakan sebelumnya.

“Perubahan saat ini mungkin terkait dengan “kehilangan stabilitas AMOC yang hampir lengkap selama abad terakhir,” kata Boer, dalam penelitian tersebut dikutip Al Arabiya.

“Temuan ini mendukung penilaian bahwa penurunan AMOC bukan hanya fluktuasi atau respons linier terhadap peningkatan suhu, tetapi kemungkinan berarti mendekati ambang kritis di mana sistem sirkulasi bisa runtuh.”

Jika AMOC terus berhenti mengalirkan air hangat ke utara, itu akan menyebabkan dampak yang parah pada ekosistem kritis Bumi lainnya, yang berpotensi berdampak pada hutan hujan Amazon, musim hujan di berbagai benua, dan lapisan es Antartika.

“Kemungkinan bahwa titik kritis AMOC sudah dekat seharusnya menjadi motivasi yang cukup bagi kita untuk mengambil tindakan pencegahan,” kata Levke Caesar, fisikawan iklim di Universitas Maynooth Irlandia, mengatakan kepada The Washington Post. “Konsekuensi dari keruntuhan kemungkinan akan jauh jangkauannya.”

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home