Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:19 WIB | Minggu, 02 Agustus 2020

Sudan: 600 Rumah Hancur Akibat Sebuah Bendungan Jebol

Rumah yang terendam akibat bajir setelah sebuah dam jebol di negara bagian Nil Biru, Sudan. (Foto: dari rightnowtimes.com)

KARTHOUM, SATUHARAPAN.COM-Sebuah bendungan mendadak jebol di negara bagian Nil Biru di Sudan, menghancurkan 600 rumah, menurut media setempat melaporkan pada Jumat (31/7) malam.

"Lebih dari 600 rumah di lingkungan kota Bout di negara nagian Nil Biru telah hancur karena runtuhnya bendungan Bout. Bendungan itu untuk menampung sekitar lima juta meter kubik air yang berasal dari lembah Pegunungan Al-Angsana," kata media lokal mengutip Nusaiba Farouq Kalol, penjabat direktur eksekutif lokalitas Al Tadamun di negara bagian Nil Biru, Sudan.

"Air mengepung 600 keluarga lain di lingkungan itu, tanpa akses ke mereka, karena air membanjiri daerah itu dari tiga arah," tambahnya dikutip situs africa.cgtm.

Pejabat lokal memperingatkan terhadap gelombang besar pemindahan di daerah tersebut, mencatat bahwa bendungan Bout merupakan tulang punggung bagi daerah di mana ada pasar besar dan lebih dari sembilan sekolah pendidikan dasar.

Setiap tahun dalam bulan Juni dan Juli, Sudan menyaksikan gelombang banjir akibat hujan lebat.

Pada hari Kamis (30/7), otoritas meteorologi Sudan memperingatkan hujan sedang hingga berat, disertai angin kecepatan tinggi terjadi pada hari Jumat, yang akan berlanjut hingga Sabtu sore, di berbagai bagian negara itu.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home