Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 16:57 WIB | Senin, 23 Mei 2022

Sungai Barito Meluap, 977 Rumah di Kabupaten Murung Raya, Kalteng, Kebanjiran

Tim BPBD Kabupaten Murung Raya membantu evakuasi warga dengan menggunakan perahu karet, Jumat (20/5) (Foto: BPBD Kabupaten Murung Raya)

MURUNG RAYA, SATUHARAPAN.COM-Hujan deras yang mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, sejak Jumat (20/5) menyebabkan Sungai Barito hingga meluap yang membanjiri 977 unit rumah.

Selain itu, ada lima rumah ibadah, tujuh fasilitas pendidikan, tiga fasilitas umum dan lima unit fasilitas kesehatan juga terdampak banjir dengan tinggi muka air  antara 100 dan 150 Centimeter, menurut informasi BPBD Kabupaten Murung Raya di laman BNPB.

Banjir  luapan Sungai Barito berdampak pada 410 keluarga, dan tidak ada korban jiwa, namun aktivitas masyarakat menjadi terhambat.

Banjir ini melanda 17 desa di enam kecamatan. Desa yang mengalami banjir termasuk Desa Kalasin, dan Desa Tumbang Olong1 di Kecamatan Uut Murung; Desa Muara Joloi II di Kecamatan Seribu Riam; Desa Tumbang Massao, Desa Teluk Jojo, dan Desa Tumbang Molut, dan Kelurahan Tumbang Kunyi Kecamatan Sumber Barito.

Desa lain adalah Desa Muara Laung II, Kelurahan Muara Tuhup, Kelurahan Muara Laung I di Kecamatan Laung Tuhup; Kelurahan Tumbang Lahung, Kelurahan Muara Bakonan di Kecamatan Permata Intan; dan Desa Muara Sempoi, Desa Juking Pajang, Desa Danau Usung, Desa Mangkahui Kelurahan Puruk Cahu Seberang di Kecamatan Murung.

Tim BPBD Kabupaten Murung Raya membantu proses evakuasi warga dengan menggunakan perahu karet dan koordinasi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait seperti TNI, Polri, pemerintah desa setempat, serta relawan untuk memantau kondisi daerah aliran sungai (DAS) Barito.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home