Loading...
BUDAYA
Penulis: Arvin Nathanael Chandra 07:51 WIB | Rabu, 18 April 2018

SUPERMAN: 80 Tahun Sang Legenda

Pengharapan adanya superhero inilah yang mungkin membuatnya hidup selama 80 tahun di hati para penggemarnya.
Foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – Tokoh komik terkenal Superman memperingati ulang tahunnya yang ke-80 pada 18 April 2018. Tepat 80 tahun sejak Superman pertama kali muncul dalam komik Action Comics #1 yang terbit pada 18 April 1938.

Tokoh fiktif karya Joe Schuster dan Jerry Siegel ini sering dianggap sebagai tokoh superhero pertama di dunia, dan menjadi salah satu ikon utama budaya Amerika yang mendunia. Bahkan ada yang mengatakan, selain lambang salib, lambang ‘S’-nya Superman adalah simbol kedua yang paling dikenal di dunia.

Dalam 80 tahun publikasi cerita Superman,  banyak perubahan yang dialaminya. Namun, singkat kata, Superman yang masa kini sudah lama menikah dengan Lois Lane dan dikaruniai seorang putra bernama Jonathan Samuel Kent.

Akan tetapi, di antara berbagai variasi dari asal-usul dan sifat-sifat Superman, berikut ini adalah mitos-mitos utama Superman yang menjadi bagian karakter Superman.

1. Pengungsi dari Planet Krypton

Berbagai media menyebutkan Superman dilahirkan dengan nama asli Kal-El, putra semata wayang pasangan ilmuwan Jor-El dan Lara Lor-Van.Ia berasal dari Planet Krypton yang lebih canggih peradabannya daripada bumi, di mana para penghuninya secara sepintas terlihat serupa dengan manusia bumi. Namun, dengan berbagai kecanggihan teknologi dan pencapaian budayanya, nasib Krypton pada akhirnya berakhir dengan kehancuran. Sebelum Krypton hancur, Jor-El memasukkan Kal-El yang masih bayi ke dalam sebuah pesawat yang kemudian diluncurkan menuju Bumi.

2. Ditemukan oleh pasangan Jonathan dan Martha Kent

Pesawat antariksa yang membawa Kal-El pada akhirnya mendarat di daerah Smallville, sebuah kota kecil di Midwest Amerika Serikat. Setelah ditemukan dan diselamatkan oleh Jonathan dan Martha, mereka mengadopsinya dan menamainya Clark Kent. Clark tumbuh di kota kecil Smallville, menjadi teman dekat ( bahkan jatuh cinta) dengan Lana Lang, dan setelah tamat SMA,pergi meninggalkan Smallville, menetap di kota besar Metropolis.

3. Wartawan berwatak halus

Ketika beranjak dewasa, Clark Kent bekerja sebagai wartawan di salah satu koran terbesar di dunia. Ia bekerja di harian Daily Planet, di bawah pimpinan redaksi Perry White. Clark juga sering dipasangkan dengan Lois Lane (yang kemudian menjadi istrinya) dan bersahabat baik dengan fotografer muda bernama Jimmy Olsen. Selain bekerja di Daily Planet, beberapa versi mengisahkan Clark juga pernah bekerja di harian Daily Star (di bawah asuhan George Taylor), dan dalam versi Silver Age (yang muncul di sekitar tahun 1960-1980an), ia sempat menjadi penyiar berita di stasiun televisi WGBS. Dalam cerita-cerita New 52, Clark Kent bahkan berhenti dari Daily Planet dan menjadi blogger bersama Cat Grant.

4. Pahlawan kebenaran dan keadilan

Selain memiliki berbagai kekuatan super, kekuatan terbesar Superman adalah kemampuannya membedakan hal yang benar dan salah. Dia berjuang demi kebenaran dan keadilan, dua nilai yang sangat berarti bagi manusia dari negeri manapun, baik di Amerika Serikat ataupun di Indonesia.

Superman sering dilambangkan sebagai simbol pengharapan, Manusia Hari Esok , yang menggambarkan manusia ideal itu seperti apa. Idealisme ini bukan hanya dalam hal memiliki kekuatan super, melainkan tekad kuat untuk memperjuangkan kebenaran, melawan ketidakadilan dan membela kaum lemah. Sebagai penyelamat, dia sering menjadi orang pertama yang menyelamatkan para korban, dan ada banyak kisah di mana Superman mengorbankan nyawanya demi umat manusia.

Pengharapan adanya superhero inilah yang mungkin membuatnya hidup selama 80 tahun di hati para penggemarnya. Manusia super yang memperhatikan si lemah, membela kebenaran dan rela mengorbankan dirinya untuk orang lain.  Bukankah itu yang sejujurnya diharapkan manusia… di tengah carut-marut dunia, yang penuh  kekejian dan keegoisan, ada seorang manusia super yang tidak pernah gagal membela kebenaran?

Selamat ulang tahun ke-80, Superman!

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home