Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 14:56 WIB | Rabu, 14 Oktober 2015

Survei: Jelang Pilkada DKI 2017, Ahok Paling Populer

Dari kiri: Djayadi Hanan (Direktur Eksekutif SMRC), Eva Kusuma Sundari (Politikus PDI Perjuangan), Akbar Faisal (Polikus NasDem), dan Habiburokhman (Politikus Partai Gerindra). (Foto: Martahan Lumban Gaol)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Jelang ‎Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota  (DKI)‎ Jakarta 2017, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan sosok petahana, Basuki Tjahaja Purnama, lebih populer dibanding lawan-lawannya, seperti Ridwan Kamil dan Fauzi Bowo.

"Survei SMRC terbaru menunjukkan peluang Ahok untuk terpilih kembali sebagai Gubernur DKI Jakarta awal tahun 2017 lebih tinggi dibanding lawan lawan terdekatnya. Di mata masyarakat Jakarta, Ahok lebih populer dari calon lawan-lawannya, seperti Ridwan Kamil dan Fauzi Bowo," ucap Direktur Eksekutif SMRC, Djayadi Hanan, dalam diskusi bertema 'Ahok dan Para Penantang untuk DKI 1', di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, hari Rabu (14/10).

Djayadi menyampaikan, penelitian SMRC ini dilakukan pada akhir bulan Agustus 2015 dengan total 631 reponden. Metode penarikan sampel adalah multistage random sampling, dengan margin of error (MoE) berkisar 4 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Lebih lanjut, Djayadi menunjukkan mayoritas responden belum menentukan pilihan akhir. Namun, dalam jawaban spontan, Ahok unggul cukup jauh dari lawan-lawannya. Dia mendapat dukungan terbanyak 23,5 persen, sedangkan saingan terdekatnya Ridwan Kamil hanya dipilih 3 persen dan Fauzi Bowo 2,1 persen. Calon-calon lain, termasuk Tri Rismaharini dan Sandiaga Uno di bawah 2 persen.

"Faktor penentu keunggulan Ahok adalah evaluasi positif dari masyarakat DKI terhadap kinerja Ahok saat ini, di mana 64 persen responden menyatakan puas," kata dia.

"Sementara itu, 85 persen responden menilai layanan di kelurahan dan kecamatan baik atau sangat baik begitu juga dengan kondisi keamanan, sarana gedung sekolah, kondisi jalan raya, dan kondisi rumah sakit di DKI," Djayadi menambahkan.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home