Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:02 WIB | Minggu, 27 Desember 2020

Swedia Temukan Varian Baru COVID-19 dari Inggris

Perawat mengambil sampel dari asisten perawat untuk tes COVID-19 cepat sebelum dia dapat memulai kerja shiftnya di sebuah panti jompo di Lerum, Swedia pada 18 Desember 2020. (Foto: TT via Reuters)

STOCKHOLM, SATUHARAPAN.COM-Varian baru virus Corona yang terkait dengan peningkatan pesat infeksi di Inggris telah terdeteksi di Swedia setelah seorang pelancong dari Inggris jatuh sakit dan dinyatakan positif, kata Badan Kesehatan Swedia pada hari Sabtu (26/12).

Pejabat Badan Kesehatan Swedia, Sara Byfors, mengatakan pada konferensi pers bahwa pelancong telah diisolasi dan sejauh ini tidak ada kasus positif lebih lanjut yang terdeteksi.

Pelancong tak dikenal itu tinggal di Sormland, selatan Stockholm, menurut Signe Makitalo, seorang dokter pengendalian infeksi regional. Varian baru dianggap lebih mudah menular daripada yang lain yang beredar saat ini.

"Orang yang dites positif terkena virus melakukan perjalanan ke Sormland dari Inggris Raya untuk berkunjung selama Natal," kata Makitalo dikutip Reuters. Dia menambahkan bahwa risiko penularan lebih lanjut dari kasus tersebut dianggap sangat terbatas.

Swedia memberlakukan pembatasan perjalanan awal bulan ini pada penumpang dari Inggris di tengah kekhawatiran atas varian tersebut. Tindakan serupa telah diambil oleh beberapa negara lain di UE dan di seluruh dunia.

Negara yang telah melaporkan mendeteksi varian baru virus corona dari Inggris adalah Lebanon, Spanyol, Singapura, dan Prancis, Jepang, Kanada dan Swedia.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home