Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:20 WIB | Kamis, 05 Mei 2022

Swedia Terima Jaminan Keamanan dari AS Selama Proses Keanggotaan NATO

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, bertemu dengan Menteri Luar Negeri Swedia, Ann Linde, di kantor Departemen Luar Negeri di Washington DC, pada hari Rabu 4 Mei 2022. (Foto: AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Swedia telah menerima jaminan dari Amerika Serikat bahwa mereka akan menerima dukungan selama periode aplikasi potensial untuk bergabung dengan NATO diproses oleh 30 negara dalam aliansi itu, kata Menteri Luar Negeri, Ann Linde, di Washington pada hari Rabu (4/5).

Swedia dan tetangganya Finlandia berada di luar NATO selama Perang Dingin, tetapi aneksasi Rusia atas Krimea pada tahun 2014 dan invasinya ke Ukraina telah membuat negara-negara tersebut memikirkan kembali kebijakan keamanan mereka, dengan kemungkinan menjadi anggota NATO yang semakin besar.

Kedua negara khawatir mereka akan rentan selama proses aplikasi, yang bisa memakan waktu hingga satu tahun untuk disetujui oleh semua anggota NATO.

"Tentu saja, saya tidak akan membahas detail apa pun, tetapi saya merasa sangat yakin bahwa sekarang kami memiliki jaminan (dari)  Amerika," kata Linde kepada TV Swedia dari Washington setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken.

“Namun, bukan jaminan keamanan konkret, yang hanya bisa Anda dapatkan jika Anda adalah anggota penuh NATO,” tambahnya. Linde menolak mengatakan jaminan apa yang dia terima dari Blinken.

"Itu berarti bahwa Rusia dapat menjelaskan bahwa jika mereka mengarahkan segala jenis kegiatan negatif terhadap Swedia, yang telah mereka ancam, itu tidak akan menjadi sesuatu yang AS akan biarkan terjadi ... tanpa tanggapan," katanya.

Menteri pertahanan Swedia bulan lalu mengatakan bahwa aplikasi dapat memicu sejumlah tanggapan dari Rusia, termasuk serangan dunia maya dan langkah-langkah hibrida, seperti kampanye propaganda, untuk merusak keamanan Swedia.

Moskow telah memperingatkan pihaknya dapat mengerahkan senjata nuklir dan rudal hipersonik di eksklave Eropa Kaliningrad jika Swedia dan Finlandia menjadi anggota NATO.

Linde, yang sekarang akan melakukan perjalanan ke Kanada untuk membahas masalah keamanan dengan pemerintahnya, mengatakan Amerika Serikat sangat mendukung keanggotaan Swedia dan Finlandia di NATO, yang akan meningkatkan stabilitas di kawasan Baltik dan Arktik.

Baik Swedia dan Finlandia diharapkan membuat keputusan tentang apakah akan mendaftar untuk bergabung dengan NATO bulan ini. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home