Loading...
BUDAYA
Penulis: Ignatius Dwiana 00:31 WIB | Selasa, 24 Agustus 2021

Systema, Bela Diri Rusia yang Berakar dalam Kekristenan

Systema, Bela Diri Rusia yang Berakar dalam Kekristenan
Logo Systema (Sumber: Russian Martial Art)
Systema, Bela Diri Rusia yang Berakar dalam Kekristenan
Gerakan bela diri Systema (Sumber: Pinterest)
Systema, Bela Diri Rusia yang Berakar dalam Kekristenan
Uskup Mark dari Vyatka dan Slobodskoy menunjukkan gerakan bela diri Systema. (Sumber: Kanal Youtube David Curry)

SATUHARAPAN.COM – Bela diri yang terpadu ini justru memperoleh prinsip-prinsipnya dari agama Kristen.

Pelatih Systema terkenal di Kanada, Vladimir Vasilev, menyebut Systema adalah teks inti Kristen Rusia.

Munclnya bela diri ini tidak mengejutkan karena Rusia sepanjang sejarah harus mengusir musuh yang datang menyerang dari pelbagai penjuru.

Musuh-musuh itu membawa gaya tempur dan persenjataan mereka yang berbeda. Pertempuran terjadi di medan yang berbeda, musim dingin yang membekukan dan musim panas yang terik. Rusia sering kalah jumlah melawan pasukan musuh.

Berangkat dari pelbagai masalah ini maka para pejuang Rusia menciptakan bela diri yang menggabungkan semangat yang kuat dengan taktik yang sangat inovatif dan serbaguna.

Pada saat yang sama bela diri ini praktis, mematikan, dan efektif melawan semua jenis musuh dalam keadaan apa pun.

Gaya Systema alami dan bebas tanpa aturan ketat, struktur kaku, atau batasan selain moral. Semua taktik didasarkan pada reaksi naluriah, kekuatan, dan karakteristik individu yang dirancang khusus untuk pembelajaran cepat.

Ketika Komunis berkuasa pada 1917, semua tradisi nasional ditindas. Mereka yang mempraktikkan bela diri ini bisa dihukum berat.

Pada saat yang sama, pihak berwenang Rusia cepat menyadari bela diri ini baik sekali dan mencadangkannya hanya untuk beberapa unit pasukan khusus. Pasukan khusus Rusia mempraktikkan teknik yang sangat rumit.

Di Systema, tiga komponen bersinergi menciptakan pejuang sejati. Yakni keterampilan tempur, roh yang kuat, dan tubuh yang sehat.

Ada alasan mengapa seni bela diri Rusia ini disebut Systema yang secara harfiah berarti ‘sistem'. Karena ini adalah satu perangkat lengkap konsep dan komponen pelatihan yang meningkatkan kehidupan seseorang. Dalam hal ini, memperoleh keterampilan seni bela diri adalah cara untuk meningkatkan fungsi sistem fisiologis tubuh dan tingkat kemampuan manusia baik secara fisik, psikologis, dan spiritual.

Systema dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memperkuat tubuh, jiwa, keluarga, dan negara.

Systema memiliki nama lain “Poznai Sebia” atau “Kenali Diri Sendiri”. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan memahami diri sendiri?

Tidak saja mengetahui apa kekuatan dan kelemahan diri tetapi juga untuk melihat sepenuhnya keterbatasan diri ini. Untuk melihat betapa kuat dan lemahnya diri ini sebenarnya.

Systema memungkinkan seseorang untuk mendapatkan kekuatan roh sejati yang berasal dari kerendahan hati dan kejelasan dalam melihat tujuan hidup.

Systema Rusia berakar pada iman Kristen Ortodoks Rusia. Kepercayaannya bahwa segala sesuatu yang terjadi pada seseorang, baik atau buruk, hanya memiliki satu tujuan akhir.

Systema menciptakan kondisi terbaik bagi setiap orang untuk memahami dirinya sendiri.

Salah satu kata-kata Mikhail Ryabko kepada para pemula Systema adalah “Jadilah orang baik dan yang lainnya akan datang kepadamu.”

Systema itu sederhana namun lengkap sehingga dapat membantu seseorang memilih dan mengikuti jalan yang benar. (Russian Faith)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home